27C
Manado
Rabu, 14 April 2021

Tambah Libur, Sanksi Menanti

MANADOPOST.ID–Libur panjang perayaan Jumat Agung dan Hari Raya Paskah, telah dilalui para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Bunga, terhitung sejak Jumat (2/4) lalu.

Tidak adanya edaran resmi dari kementerian terkait ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Daerah Kota Tomohon Josias Makalew, seluruh PNS di lingkungan Pemkot Tomohon wajib masuk kerja, usai rangkaian hari libur.

“Tidak ada surat edaran resmi dari kementerian, yang menyebutkan bahwa di hari Senin (hari ini,red) libur. Semua wajib masuk,” lugas Makalew, ketika diwawancarai Manado Post, belum lama ini.

Lanjut dikatakan Makalew, bagi PNS yang menambah jatah libur di pekan ini, siap-siap menerima sanksi. Meski begitu, Makalew belum bisa memastikan apakah sanksi tersebut nantinya hanya berupa teguran, pemotongan gaji hingga TTP PNS.

“Kalau tidak salah ada hitungan rekapitulasi absensi PNS, yang nantinya dipergunakan untuk penghitungan besaran penerimaan TTP.

Dilanjutkannya, penambahan libur abdi negara tidak diperkenankan bagi SKPD, yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan pelayanan publik. Semisal Disdukcapil, Badan Keuangan Daerah dan SKPD lain, yang langsung bersentuhan dengan pelayanan masyarakat.

“Karena bisa berpotensi menghambat jalannya pelayanan publik. Ada keterlambatan dan lainnya, yang tentunya berpengaruh secara sistematis dan berkesinambungan,” tukasnya.(yol/gnr)

Artikel Terbaru