32C
Manado
Rabu, 14 April 2021

Optimis Pajak Daerah Sentuh 25,4 Miliar

MANADOPOST.ID–Merealisasikan program dan kebijakan yang bermuara pada kesejahteraan rakyat. Eksekutif tentunya memerlukan insentif guna menopang cita-cita tersebut.

Pos penerimaan daerah melalui pajak daerah, jadi sumber pendapatan salah satunya. Dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi MAP, hingga tutup Triwulan I Tahun 2021. Pihaknya telah mengumpulkan pundi-pundi penerimaan pajak daerah sebesar Rp. 4,7 Miliar. Atau sekira 18,58 persen dari total target yakni Rp.25,4 Miliar.

“Total penerimaan pajak daerah, dari 11 item yang ada berjumlah Rp. 4,7 Miliar. Dari jumlah itu, sektor yang paling banyak berkontribusi yakni, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) setelahnya ada Pajak Restoran,” beber Mogi, kepada Manado Post, Selasa (6/4).

Dilanjutkan Mogi, jika melihat kondisi daerah, dikaitkan dengan perkembangan status kedaruratan Covid-19 di kota sejuk. Prospek penerimaan pajak lebih khusus lagi, di sektor Pajak Restoran. Diyakininya mampu mencapai target, bahkan lebih dari yang diperkirakan.

“Untuk Pajak Restoran, realisasinya hingga akhir Triwulan I sudah mencapai 39,44 persen. Ini pertanda dan signal positif bagi pelaku usaha. Apalagi Tomohon ditunjang dengan kekayaan spot pariwisata. Ini dua hal yang sangat berkaitan. Menjadi stimulus bagi pelaku usaha, untuk memaksimalkan potensi pendapatan kedepannya. Apalagi kondisi pandemi saat ini, secara bertahap telah menunjukkan tren yang membaik,” papar dia.

Sebelumnya, Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH menegaskan, pihaknya siap memberikan ruang insentif bagi seluruh investor yang hendak menanamkan modalnya di Kota Religius.

Pun menjadikan Tomohon sebagai tujuan destinasi pariwisata internasional. Hal tersebut diperkuat dengan, kembali digelar nya pelaksanaan Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF), yang direncanakan bergulir di bulan Agustus mendatang.

“Kita buka semua pintu investasi bagi pelaku usaha di Tomohon. Semua mendapatkan perhatian dan keberpihakan yang sama. Begitupun pelibatan masyarakat nantinya. Menggerakkan dan menggairahkan kembali, sektor riil di Tomohon tujuannya. Sembari memaksimalkan sosialisasi, Tomohon sebagai destinasi pariwisata internasional. Termasuk pelaksanaan TIFF yang diharapkan menjadi trigger nantinya,” terang wali kota, dalam berbagai kesempatan.(yol/gnr)

Artikel Terbaru