25 C
Manado
Kamis, 6 Mei 2021
spot_img

Surat-Dokumen Warga Pinaras Urus PTSL `Raib`

MANADOPSOT.ID-Harapan sejumlah warga Kelurahan Pinaras, Kecamatan Tomohon Selatan. Memegang Sertifikat tanah, lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang diagendakan BPN Tomohon di tahun 2017 silam.

Sepertinya harus banyak bersabar. Pasalnya, dikatakan salah satu perangkat kelurahan, yang terkenal dengan pesona Air Terjun Tumimperas nya ini. Sekira puluhan warga yang notebene nya telah menyerahkan Surat Ukur asli, ke pihak instansi vertikal tersebut. Hingga saat ini, tak lagi memiliki kejelasan, apakah sertifikat tanah bakal terbit atau tidak.

“Iya, ada yang sudah menyerahkan Surat Ukur dan dokumen pendukung lainnya. Asli yang mereka masukan. Itu dikeluarkan dari kelurahan,” beber perangkat yang enggan namanya dikorankan.

“Sekira puluhan kalau tidak salah. Ada juga sebagian yang sudah menyerahkan uang administrasi. Tapi kebanyakan belum, sampai memegang sertifikat tanah dari BPN,” tukasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Kantor BPN Tomohon Christianto Bulamey, ketika dikonfirmasi menyebutkan belum bisa menjelaskan secara detil, perihal masalah belum terbitnya sertifikat tersebut.  “Nanti dijelaskan detil, cari waktu untuk berkomunikasi bersama,” singkat Bulamey.

Sebelumnya, diketahui di tahun 2017 program PTSL yang kali pertama masuk ke Kota Sejuk. BPN Tomohon mematok target dapat merampungkan 10.500 bidang. Nyatanya, dari target tersebut, separuh pun tak sampai. Alhasil, di alokasi tahun berikutnya, Tomohon mengalami penurunan. Pun di tahun 2021, BPN Tomohon menargetkan akan merampungkan 600 bidang tanah. (yol)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru