25.4 C
Manado
Kamis, 17 Juni 2021
spot_img

Anggaran RTLH Tomohon Naik,  Sasar Tiga Kelurahan, Begini Penjelasan Disperkim

MANADOPOST.ID–Sebanyak tiga kelurahan di Kota Tomohon masuk radar pemerintah dalam melaksanakan Program Bantuan Sosial (Bansos) Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) Tahun 2021.

 

 

 

Dikatakan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Daerah Kota Tomohon Hengky Supit, tahun ini keseluruhan program RTLH nantinya direalisasikan berfokus di Kecamatan Tomohon Selatan.

 

 

 

“Tiga kelurahan itu masing-masing Kelurahan Pangolombian, Tondangouw dan Lahendong. Total bansos RTLH Tomohon tahun ini berjumlah 56 rumah tidak layak huni. Sudah dilakukan pendataan dan pengusulan dari pemerintah setempat. Dalam waktu dekat, kita upayakan bisa segera dieksekusi,” ungkap Supit, ketika diwawancarai Manado Post, belum lama ini.

 

 

 

Lanjut dikatakan Supit, besaran bantuan program RTLH tahun ini naik ketimbang tahun sebelum. Dari sebelumnya berjumlah Rp17.500.000 menjadi Rp.20.000.000. Pencairan anggaran rehabilitasi pemukiman penerima bantuan, nantinya pun akan ditransfer langsung ke rekening kepala keluarga.

 

 

“Begitu selesai analisa dan kajian serta penilaian. Hingga nantinya ditetapkan sebagai penerima, anggaran rehabilitasi rumah langsung ditransfer ke penerima bantuan. Teknisnya, Rp.17.500.000 diperuntukkan bagi bahan bangunan. Sisanya digunakan penerima bantuan untuk pembayaran gaji pekerja. Sumber dana program ini berasal dari Dana DAK. Untuk pengerjaan tahun lalu, ada 73 rumah yang diberikan bantuan RTLH,” papar Supit.

 

 

 

Sementara itu, Kepala Bidang Penataan Permukiman Peggy Wowiling menambahkan, untuk tahun depan tak tertutup kemungkinan. Program fisik yang bertujuan menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat. Diupayakan bisa menyasar seluruh kelurahan di Kota Bunga.

 

 

 

“Ini sementara didata dan diinventarisir, kita berharap di tahun depan 44 kelurahan se-Kota Tomohon bisa masuk dalam program RTLH. Tentunya disesuaikan dengan ketersediaan anggaran nantinya,” tukas Wowiling.

 

 

Julius Laatung

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru