24.6 C
Manado
Jumat, 18 Juni 2021
spot_img

Kenang Alm Prof Marwoto, Caroll Senduk: Tomohon Kehilangan Tokoh Florikultura

 

MANADOPOST.ID–Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH mengungkapkan kesedihan dan mendalam, kala mendengar kabar sang pegiat budidaya bunga Prof Dr. Ir. Budi Marwoto, M.S, meninggal dunia pada Kamis (13/5/2021) di Jakarta. Hal ini ditulis CS, sapaan akrab wali kota, dalam akun media sosial Caroll Joram Azarias Senduk SH. Dan mendapatkan sambutan respon ratusan netizen, utamanya warga Kota Sejuk.

 

 

 

 

“Maret  2021, pertemuan di Show Window Tomohon ternyata merupakan pertemuan terakhir saya dengan alm. Prof.DR. Budi Marwoto. Prof Marwoto menutup usia kamis kemarin hari di Jakarta. Selamat jalan Prof Marwoto,” tulis wali kota dalam postingan yang diunggah Jumat (14/5/2021).

 

 

 

 

 

Dirinya melanjutkan, Kota Tomohon bisa dikenal sebagai Kota Bunga dengan potensi varietas Bunga Krisan nya, tak lepas dari pengembangan dan riset yang dilakukan Alm Prof Marwoto.

 

 

 

 

 

 

“Sejak tahun 2007, Prof Marwoto adalah salah satu tokoh yang banyak membantu Kota Tomohon di bidang Florikultura. Khususnya pengembangan Bunga Krisan yang kini banyak ditanam petani kita di Tomohon. Duka mendalam untuk Tomohon yang telah kehilangan sosok yang banyak membantu kita. Hormat kami untuk keluarga besar yang ditinggalkan, Tuhan Yang Maha Kuasa kiranya memberikan penghiburan dan kekuatan,” tulis CS.

 

 

 

 

Dilansir dari laman www.litbang.pertanian.go.id, diketahui Alm Prof Marwoto merupakan peneliti di bidang hama dan penyakit tanaman. Saat ini bekerja pada kelompok peneliti di Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi).

 

 

 

 

Dengan spesifikasi komoditas utama yang diteliti yakni, Krisan Lili.Sebagai peneliti, Budi Marwoto telah menghasilkan sebanyak 70 karya tulis ilmiah baik sebagai penulis tunggal, bersama penulis lain atau sebagai anggota, karya tulis tersebut diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan dirinyaa telah menerima sertifikat pelepasan varietas, sertifikat hak PVT, dan sertifikat paten.

 

 

 

 

 

 

Julius Laatung 

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru