32 C
Manado
Selasa, 24 November 2020

Hasil Pleno Terbuka KPU Tomohon, Total DPT: 73.633

MANADOPOST.ID — Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Dalam Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Utara Serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon Tahun 2020, telah dilakukan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menetapkan, Daftar Pemilih Tetap di Pilkada Serentak Tahun 2020 sebanyak 73.633.

Dikatakan Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut, jumlah tersebut merupakan hasil rekapitulasi berjenjang, mulai dari tahapan penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS), DPSHP hingga di sepakati dalam Berita Acara Tingkat Kabupaten/Kota.

“Berdasarkan hasil rekapitulasi mulai dari tingkat lingkungan, kelurahan, kecamatan hingga kota. Kami (KPU) mendapatkan angka untuk DPT sebanyak 73.633 pemilih,” ungkap Lasut, di sela kegiatan, yang digelar di Aula KPU Tomohon, Kamis (15/10).

Lanjut dia, dalam proses penyusunan menuju penetapan DPT. Pihaknya mengedepankan sikap profesionalisme dan berhati-hati dalam melakukan pencoretan data pemilih atau form A-KWK.

“Tidak mudah untuk menghapus hak pilih seseorang. Kita harus berhati-hati di sini. Dan tentunya harus berkoodinasi dengan Disdukcapil. Jika mengambil keputusan sendiri, bisa salah nantinya. Kena pidana itu! Basis pendataan menuju proses pemutakhiran data pemilih. Sekali lagi, kami senantiasa berkoodinasi dengan dinas terkait,” jelas dia.

Sementara itu, Komisioner Divisi Perencanaan dan Data Vierna Pijoh menambahkan, dalam tiap proses pemutakhiran hingga rekapitulasi tingkat kota. Pihaknya terus menginformasikan seluruh data terbaru, baik kepada pengawas serta seluruh peserta Pilkada.

“Semua yang berkepentingan soal penyelenggaraan pemilu ini. Mulai dari Panwascam atau PKD. Utamanya Rekan-rekan LO seluruh Pasangan Calon. Sehingga transparansi dan akuntabilitasnya optimal. Dan kami meyakini, berawal dari data pemilih yang akurat. Dapat terwujud Pilkada yang berkualitas,” ujar Pijoh.

Sementara itu, dari usulan rekomendasi Bawaslu Kota Tomohon. Ada 138 data pemilih yang diusulkan untuk dimasukkan dalam DPT. Setelahnya, Pimpinan dan Komisioner KPU Kota Tomohon disaksikan unsur Bawaslu. Menandatangani berita acara penetapan DPT untuk Pilkada Serentak Tahun 2020. Dan dibagikan masing-masing satu rangkap kepada perwakilan seluruh LO Paslon, Bawaslu Tomohon dan Disdukcapil. (*)

-

Artikel Terbaru

517 Guru Honorer di Bolsel Bakal Terima BSU

MANADOPOST.ID--Sebanyak 517 guru honorer di Kabupaten Bolsel akan mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Tegas! Belum Kuorum, Silangen Skors Paripurna Penetapan RAPBD 2021

MANADOPOST.ID—Paripurna penetapan RAPBD 2021 yang digelar DPRD Provinsi Sulut terpaksa diskors. Agenda ini sebelumnya dijadwalkan pukul 11.00.

OJK Luncurkan Aplikasi UMKM-MU

MANADOPOST.ID— Minggu (22/11) pekan lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) genap berusia 9 tahun. Bertepatan dengan momentum itu pun, OJK meluncurkan aplikasi UMKM-MU, yaitu platform digital dalam bentuk website dan mobile app yang dikembangkan oleh OJK untuk membantu UMKM binaan dalam memperluas akses pasar secara digital.

11 Mitra Binaan Sulut `Disuntik` 1,7 Miliar

MANADOPOST-ID-- Pagi tadi sekira Pukul 10.22 WITA, Bertempat di Four Point by Sheraton Manado, PT Pertamina

FDW-PYR Banjir Dukungan di Kecamatan Sinonsayang

MANADOPOST.ID—Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar dan Pdt Petra Yani Rembang (FDW-PYR), terus menuai dukungan penuh masyarakat.