28C
Manado
Sabtu, 23 Januari 2021

Persentase Memilih di Tomohon Nyaris 92 Persen, Lewati Target Nasional 77,7 Persen

MANADOPOST.ID – Antusiasme masyarakat Kota Tomohon menyalurkan hak pilihnya, di Pilkada Serentak Tahun 2020 terbilang luar biasa.

Pasalnya, dari target nasional yang ditetapkan sekira 77,7 persen. Kota Bunga mampu mencatatkan persentase di atas 90 persen. Di kedua pemilihan, baik Pilgub maupun Pilwako. Dari hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Tingkat Kabupaten/Kota Penghitungan Suara Pilkada Serentak Tahun 2020, di Hotel Grand Master, Kakaskasen, Senin (14/12) kemarin.

Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut menyatakan, untuk pelaksanaan Pilgub di Kota Sejuk, tingkat partisipasi pemilih berada di angka 68.577 pemilih atau jika dipersentasekan berjumlah 91,58 persen.

“Hampir semua di lima kecamatan yang ada, raihan pemilih yang menyalurkan hak konstitusional nya sangat baik. Ini menandakan, masyarakat turut aktif menentukan arah masa depan daerah, disesuaikan dengan pilihannya masing-masing,” ujar Lasut.

Sementara itu, ditambahkan Komisioner Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Tomohon Stenly J Kowaas SP untuk keterlibatan warga Kota Religius di Pilwako Tahun 2020, berada di atas raihan Pilgub, dimana ada 91,79 persen pemilih telah menyalurkan hak nya di tanggal 9 Desember lalu.

“Pemilih di Pilwako kali ini, lebih dari sisi jumlah memang sedikit di bawah Pilgub, namun untuk persentase keseluruhan untuk Pilwako masih sedikit lebih banyak. Hal ini dikarenakan, ada pemilih yang masuk kategori pindah memilih disebabkan menjalankan tugasnya di Tomohon, masuk kategori penghuni lapas dan lain-lain,” terang Kowaas.

Lebih dari itu, pihaknya bersyukur gelaran pesta demokrasi di Tomohon. Telah berlangsung aman, damai, tertib plus menerapkan protokol kesehatan sesuai amanat undang-undang.

“Dari tahun ke tahun memang karakteristik warga Tomohon antusias dalam menyalurkan hak pilihnya. Hal ini terbukti lewat gelaran Pilkada 2015 hingga berlanjut ke Pileg 2019 lalu. Rata-rata persentase partisipasi masyarakat berada di atas target nasional. Terima kasih atas dukungan dan support masyarakat,” tukasnya.

Diketahui, dari jumlah pemilih Kota Tomohon, ada 73.633 warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). “Kami berterima kasih atas partisipasi masyarakat Kota Tomohon yang telah menyukseskan perhelatan Pilkada serentak sehingga terlaksana dengan sukses,” tandas Kowaas. Sementara itu, hingga berita ini diturunkan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilwako Tomohon Tingkat Kota, masih sementara berlangsung. (*)

Artikel Terbaru