28C
Manado
Selasa, 19 Januari 2021

Hasil Pleno KPU, ODSK-CSWL Rajai Lima Kecamatan

MANADOPOST.ID– Pasca dua hari gelaran Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sulut. Dan Penetapan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara Wali Kota-Wakil Wali Kota Tomohon Tahun 2020, yang digelar KPU Kota Tomohon, di Grand Master Hotel, Kelurahan Kakaskasen, Tomohon Utara, Selasa (16/12) kemarin.

Secara absolut dan meyakinkan, Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nomor Urut Tiga, Olly Dondokambey-Steven Kandow (OD-SK). Caroll Senduk-Wenny Lumentut (CS-WL), di pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Tomohon, meraih hasil mumpuni usai pelaksanaan Pesta Demokrasi 9 Desember lalu.

Ya, hasil ini sepertinya selaras dengan kondisi terkini perkembangan Pandemi Covid-19 di Kota Bunga. Tomohon kini didaulat menjadi Zona Merah.

Dari hasil rapat pleno terbuka, yang dihadiri seluruh perwakilan peserta pilkada, unsur Bawaslu Tomohon hingga pelibatan pengamanan ketat dari aparat berwajib. Khusus untuk Pilgub Sulut yang diikuti tiga pasangan calon. Paslon Nomor Urut Tiga yang juga duo calon petahana berhasil membukukan perolehan suara sebanyak 45.347. Disusul pesaing terdekatnya CEP-Sehan yang hanya meraup 13.798 suara, sementara VAP-Henry sebanyak 8.476 dukungan.

Berpindah ke Pilwako Tomohon. Raihan mumpuni serupa pun ditorehkan Paslon yang diusung Koalisi Kerakyatan CS-WL. Duet politisi yang diusulkan PDIP dan Gerindra ini mampu unggul jauh nyaris di seluruh kelurahan di Kota Sejuk. Pun dengan rekapitulasi hasil penghitungan suara di lima kecamatan, CS-WL dominan menyabet amanah masyarakat.

“Sesuai dengan koreksi dan pencermatan kembali rekan-rekan PPK di lima kecamatan yang ada. Selebihnya, hasil yang sudah banyak beredar di masyarakat, prinsipnya tidak jauh beda dengan hasil rekapitulasi suara tingkat kota ini. Paslon CS-WL lebih khusus untuk Pilwako Tomohon, meraih dukungan sebanyak 43.611 suara. Disusul Paslon Nomor Urut Satu JGE-VB dengan 23.495 dan Paslon Independen RoSe 550 suara,” ungkap Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut, di sela kegiatan.

Sementara itu, diakui Komisioner Divisi Teknis KPU Tomohon Robby Golioth masih adanya temuan kesalahan penginputan data pemilih, yang berjenjang dari tingkat KPPS, PPS hingga PPK. Yang membuat pelaksanaan rekapitulasi tingkat kota, beberapa kali diskors guna mencari detil data yang perlu diperbaiki. Dan seluruh koreksi yang dilakukan penyelenggara, telah sesuai rekomendasi dan disaksikan oleh seluruh perwakilan saksi.

“Sinkronisasi data pemilih saja, dan sudah diperlihatkan koreksinya kepada saksi. Untuk hasil akhir pemilihan secara keseluruhan tidak ada perubahan. Setelah tahapan ini, hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota akan dibuatkan berita acara dan SK Penetapan. Sementara untuk hasil rekap Pilgub tingkat provinsi, direncanakan di follow-up tanggal 23 September,” beber Golioth.

Sembari menambahkan, untuk SK Penetapan Hasil Tingkat Kota, nantinya difasilitasi KPU Tomohon, menyesuaikan dengan keluarnya Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) yang dikeluarkan Mahkamah Konstitusi.

Di tempat yang sama, Frity Maya Turang mewakili LO Paslon CS-WL menyatakan terima kasih kepada seluruh pendukung OD-SK, relawan hingga simpatisan yang telah mempercayakan amanah, lewat sumbangan suara di hari pencoblosan 9 Desember lalu.

“Semoga cita-cita membawa Tomohon dan Sulut secara keseluruhan makin hebat, maju dan berdaya saing. Dapat diwujudkan oleh ODSK dan CS-WL, semangat sinergitas membawa perubahan guna perbaikan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” sebut Maya. (*)

Artikel Terbaru