26C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Kota Bunga Koleksi 14 Kasus DBD

MANADOPOST.ID–Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon harus bekerja lebih keras lagi. Pasalnya, selain tengah menanggulangi dan menyiasati, penyebaran pandemi Covid-19 di Kota Bunga.

Ancaman kasus penyakit khas musim penghujan, Demam Berdarah (DBD). Tergolong tinggi jumlahnya sejak membuka tahun 2021.

“Sejak Januari hingga tengah bulan Februari, sudah ada 14 kasus DBD yang terjadi di Tomohon,” ungkap Kepala Dinkes Tomohon dr Deesje Liuw, ketika diwawancarai, Selasa (16/2) kemarin.

Lanjut pejabat senior Tomohon ini, meski tergolong tinggi, keseluruhan kasus yang terjadi di Kota Sejuk tak sampai merenggut korban jiwa.

“Belum ada kasus DBD yang mengakibatkan meninggal dunia. Selain upaya preventif yang terus kita lakukan, perlunya kesadaran masyarakat untuk menjaga kondisi lingkungan agar tetap bersih dan jauh dari genangan air. Gorong-gorong dan lingkungan sekitar rumah, harus dibersihkan. Ada fogging ke lokasi-lokasi yang ditemui kasus DBD,” papar Liuw.

Atasnya dirinya berharap, seluruh peran seluruh masyarakat, agar tetap menjaga kebersihan lingkungan. Guna mencegah sebaran jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti.

“Kebersihan, tidak ada wadah penampung air hujan dan berolahraga secukupnya menjaga kebugaran. Jadi kunci mencegah terjadinya kasus baru,” pungkasnya. (yol/gnr)

Artikel Terbaru