31 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

ASN Bisa Hadir di Kampanye, Ini Syaratnya

MANADOPOST.ID–Keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam proses berjalannya, Pilkada Serentak Tahun 2020. Terlebih saat ini, tengah dalam tahapan kampanye. Dimungkinkan, asalkan dengan batasan-batasan yang diatur sesuai ketentuan.

Dikatakan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon Deisy Soputan, seluruh ASN Kota Bunga diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan kampanye, di Pilkada Serentak Tahun 2020. Namun begitu, bukan secara langsung “melegalkan” keikutsertaan abdi negara. Seluruh ASN, kata dia, wajib mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

“Boleh saja ASN ikut kampanye, asalkan seluruh pasangan calon yang ikut Pilwako Tomohon misalnya. Mereka (ASN, red) harus ikut kegiatan kampanye ketiga Paslon. Jangan hanya satu saja, harus ada azaz keadilan. Dan tentunya tidak menggunakan atribut dan bersifat pasif,” ungkap Soputan, ketika diwawancarai, Jumat (16/10) kemarin.

Lebih lanjut soal bersifat pasif, Soputan bilang, ASN tidak diperkenankan menghadiri atau mengikuti kampanye. Dengan menggunakan atribut partai, menunjukkan simbol-simbol yang identik dengan Paslon.

“Hadir di kampanye terus pakai atribut partai, sambil menunjukkan simbol atau gesture nya berafiliasi dengan Paslon. Yah itu masuk pelanggaran tentunya,” lugasnya.

Disinggung soal sudah berapa banyak oknum ASN yang masuk radar penindakan Bawaslu. Soputan menyatakan, hingga pekan kedua bulan Oktober. Bawaslu telah menangani dugaan pelanggaran netralitas ASN di Tomohon, sebanyak kurang lebih 16 kasus.

“Yang terakhir ada empat kasus pelanggaran netralitas yang kita kirim ke KASN. Dan perlu ditegaskan di sini, kami (Bawaslu,red) prinsipnya terus melakukan tugas sesuai prosedur. Semua rekomendasi tak serta merta kita kategorikan pelanggaran. Harus diteliti dan dicermati dulu, azaz praduga tak bersalah. Intinya, semua rekomendasi yang, terlebih lagi temuan di lapangan. Pastinya kita tindaklanjuti,” pungkas Soputan. (yol)

-

Artikel Terbaru

Paruntu-Panambunan Siap Menangkan Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terus berdatangan kepada pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kini kembali terbentuk satu lagi dukungan datang dari kaum milenial, yakni Jaringan Anak Milenial (JAM) Sulut Hebat.

HR Hadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Bitung

Calon Wakil Gubernur Sulut Dr Hendry CM Runtuwene STh MSi, Selasa (27/10) menghadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Kota Bitung bertempat di Kelurahan Sagrat, Kecamatan Matuari.

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.

Operasi Zebra di Minahasa Jaring Puluhan Pelanggar

MANADOPOST.ID--Senin (26/10) kemarin adalah hari pertama digelarnya Operasi Zebra Samrat 2020. Khusus untuk wilayah Polres Minahasa, puluhan personil terlibat dalam operasi tersebut.