30C
Manado
Kamis, 25 Februari 2021

Kabar Baik, BPUM Berpotensi kembali Dikucur

MANADOPOST.ID-Bantuan langsung tunai (BLT) untuk pelaku usaha mikro UMKM atau yang disebut program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM), yang sempat dikucurkan di sepanjang tahun lalu, berpeluang kembali digulirkan di tahun 2021.

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Kota Tomohon Drs O D S Mandagi, ketika diwawancarai, Selasa (17/2). ODS, sapaan akrabnya, wacana pemberian BPUM ini masih terus dikonsultasikan pihaknya bersama kementerian terkait.

“Ada peluang untuk penyaluran BPUM kembali direalisasikan di tahun ini. Kami masih menunggu petunjuk teknis dari kementerian,” aku ODS.

Lanjut Asisten Bidang Administrasi Umum ini, penentuan penerima BPUM nantinya, jikalau permohonan dan pengajuan daerah dikabulkan pusat nantinya.

Murni ditentukan oleh instansi terkait. Pihaknya hanya sebatas mengajukan atau mengusulkan, jumlah penerima bantuan berbanderol Rp.2,4 juta tersebut.

“Prinsipnya kita hanya mengajukan calon penerima. Yang menentukan pemerintah pusat, lewat supervisi BPKP. Tahun lalu yang diusulkan itu sekira 9.000 pelaku usaha mikro, yang di approve itu sebesar 80 persen. Kurang lebih 7.000-an yang menerima sepanjang tahun lalu. Mudah-mudahan tahun ini Tomohon kebagian juga,” terang dia.(yol/gnr)

Artikel Terbaru