33 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Pusat Beri Lampu Hijau, TIFF Siap Digelar

MANADOPOST.ID–Pelaksanaan agenda tahunan pariwisata Kota Tomohon, yang juga masuk dalam 10 iven strategis tourism di Indonesia.

Apalagi kalau bukan, Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) siap digelar di Bulan Agustus mendatang.  Pelaksanaan TIFF ke-10 tersebut telah dikoordinasikan berjenjang, plus mengantongi izin Kemenparekraf.

Namun begitu, Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH kala memimpin Rapat Koordinasi dan pemaparan SKPD terkait menyebut, gelaran pariwisata unggulan Kota Sejuk nantinya.

Wajib dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pun dengan kemasan side iven nya nanti. Diperbanyak dalam moda digital, biar tak berpotensi menjadi penyumbang angka positif Covid-19.

“Jika rekomendasi dari pusat mengizinkan pelaksanaan iven pariwisata. Mari kita kemas agenda TIFF ini dengan sebaik-baiknya. Pelaksanaan prokes wajib dilakukan dengan ketat dan disiplin.

Saya minta juga jangan lagi ada pemanfaatan bunga plastik, apalagi tidak memberikan keberpihakan kepada petani bunga. Ini harus memberikan multiplier effect dan berkontribusi pada pemasukan daerah,” buka Wali Kota Caroll, dalam kegiatan yang dipusatkan di Taman Wisata Alam, Rabu (17/3) kemarin.

Dilanjutkan CS, sapaan akrab wali kota, pelibatan seluruh SKPD wajib untuk bekerja sama dan saling menopang. Persiapan yang maksimal, promosi yang efektif lebih lagi mengajak peran awak media untuk mendorong gelaran strategis tersebut. Biar menggaung di Indonesia dan mancanegara.

“Selain hal itu, side iven nya dikemas sedemikian rupa. Biar yang dilaksanakan nantinya, memberikan efek lama tinggal wisatawan mancanegara lebih khususnya. Jual panorama dan keindahan alam Kota Tomohon. Usahakan mereka (wisatawan,red) lama dan kerasan terlebih lagi selalu ingat Tomohon. Bukan karena TIFF nya saja,” pinta CS.

Senada dengan wali kota, Penjabat Sekretaris Kota (Sekkot) Tomohon Jemmy Ringkuangan AP MSi menambahkan, pelaksanaan lomba olah raga berskala internasional. Yang bersifat ataupun dikemas adventure. Diyakininya mampu menjadi daya tarik tersendiri, bagi wisatawan.

“Misalnya, ada iven perlombaan ketepatan menembak, long range shooter (Sniper) kebetulan juga saya pegiat dan pengurus Perbakin. Jika diizinkan dan diminta kepala daerah, diupayakan bisa digelar di Kota Tomohon. Iven olah raga sport tourism, sepeda gunung dan lain-lain. Ini upaya kita bersama menjadikan Tomohon sebagai destinasi pariwisata internasional, sesuai visi-misi CS-WL,” papar Ringkuangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon Masna Pioh dalam laporannya mengatakan, berdasarkan hasil Refocussing Anggaran Tahun 2021. Pelaksanaan TIFF yang tadinya diproyeksi menelan anggaran kurang lebih Rp. 2 Miliar. Dipastikan hanya bisa digelar dengan modal sebesar Rp.1,7 Miliar.

“Setelah pembahasan ini, kami akan segera melakukan mediasi bersama Kementerian Pariwisata, SK Panitia, menghitung bunga yang nantinya diperlukan. Yang pasti, untuk parade kendaraan hias nantinya, diikuti 10 float,” terang Pioh.(yol/gnr)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru