28.6 C
Manado
Kamis, 13 Mei 2021
spot_img
spot_img

Telan Anggaran Ratusan Juta, Wahana Water Boom Kurang Jelas

MANADOPOST.ID– Pembangunan sarana penunjang sektor pariwisata, yang memang jadi daya tarik dan potensi besar Kota Tomohon, terus digenjot.

Meski begitu, masih ada beberapa sarana penunjang yang dinilai belum memberikan effort, alih-alih pemanfaatannya pun kurang jelas. Semisal wahana kolam renang dan Water Boom di kompleks kawasan Taman Wisata Alam (TWA), Kelurahan Talete, Kecamatan Tomohon Tengah.

Hal tersebut pun menuai kritikan pedas Ketua Lembaga Anti Korupsi Pemerhati Pembangunan Nasional (LAKP2N) Kota Tomohon Dani Tular. Dikatakan Tular, sejak proyek sarana pariwisata tahun anggaran 2019 berbanderol kurang lebih Rp.2 Miliar tersebut. Seyogyanya seluruh fasilitas penunjang di kompleks TWA dapat berjalan optimal.

“Kalau hanya menjadi pajangan saja, lantas tidak memberikan asas manfaat. Kenapa harus dimasukkan dalam draf pekerjaan. Sejak soft opening di tahun 2020, hingga kini pemanfaatan water boom dan kolam tidak jelas. Pengunjung yang datang hanya numpang foto saja, tapi memanfaatkan wahana ini tidak ada,” ketus Tular.

Sembari menambahkan, instansi terkait wajib mengusut tuntas pekerjaan yang dinilai merugikan keuangan daerah sekira ratusan juta tersebut.

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon Masna Pioh melalui Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Chrisnaldus Roring pun tak menampik, jika pemanfaatan wahana water boom dan kolam renang. Terkendala sarana pendukung.

Bahkan dikatakan Roring, pihaknya pun sempat mengganggarkan Rp.400 Juta untuk melakukan pengeboran air. Bukannya menuai hasil sesuai harapan, alokasi anggaran tersebut pun tak menjawab permasalahan.

“Benar, sejak kawasan ini dioperasikan sejak tahun lalu hingga kini, masalah air ini masih menjadi problematika. Sudah pernah diinstruksikan oleh wali kota lama, untuk difasilitasi PDAM. Tapi sepertinya tidak digubris lebih. Malahan, di tahun 2019 juga sudah dianggarkan, untuk pengeboran sumur air sebesar Rp.400 juta. Sayangnya tidak sesuai hasil. Begitupun juga bak penampungan tidak bisa berfungsi,” beber Roring.(yol/gnr)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru