28 C
Manado
Rabu, 2 Desember 2020

Meski Tak Masuk DPT, KPU Tomohon Tetap Jamin Hak Pilih

MANADOPOST.ID – Hak pilih dalam Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kota Tomohon benar-benar dijamin. Meski warga Kota Bunga tak terakomodir dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) hingga 9 Desember nanti.

Dimungkinkan, asalkan  warga mampu menunjukkan dokumen kependudukan yang sah, atau yang dikeluarkan oleh SKPD terkait.

“Bagi warga Tomohon yang tak masuk dalam DPT, terus nantinya bingung apakah bisa memilih atau tidak? Jawabannya boleh! Asalkan membawa dokumen kependudukan yang sah, seperti KTP-EL dan Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Tomohon,” ungkap Ketua KPU Tomohon Drs Harryanto Lasut, ketika diwawancarai dalam berbagai kesempatan.

Malahan sejak Pileg 2019, Lasut bilang, warga yang tak masuk dalam database pemilih tetap. Dimungkinkan untuk menyalurkan hak pilihnya. Asalkan dengan memenuhi ketentuan di atas.

“Ingat, Suket kelurahan itu tidak bisa digunakan sebagai syarat untuk memilih,” tukasnya.

Sembari menambahkan, DPT Kota Tomohon total sebanyak 73.633 pemilih. Untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon Tahun 2020.

Jumlah pemilih tersebut telah ditetapkan melalui rapat pleno terbuka pada Kamis (15/10) lalu. Dengan rincian, Kecamatan Tomohon Selatan 18.366 pemilih, Kecamatan Tomohon Tengah 14.311 pemilih, Kecamatan Tomohon Utara 20.734 pemilih, Kecamatan Tomohon Barat 12.217 pemilih, dan Kecamatan Tomohon Timur 8.005 pemilih. (*)

-

Artikel Terbaru

Menuju 40 Persen Mor-HJP Peluang Besar Pimpin Manado

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan  Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tiga Nelayan Hilang Akhirnya Ditemukan, Bertahan dengan Layar Manual

Tiga nelayan, yakni Abdul Gani Lamusu (49) warga Desa Pinolosian Selatan (Pinsel), Ferdi Lamusu (15) warga Pinsel dan Feldi Potabuga (39) warga Desa Nunuk, Kecamatan Pinolosian, akhirnya ditemukan di perairan Kabupaten Boltim.

Pegadian Kanwil Manado Serahkan 4.200 Paket Bantuan Pangan

Selasa hingga Rabu tadi, Pegadaian Kanwil V Manado kembali menyalurkan paket bantuan pangan, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) bagi nasabah dan masyarakat.

Tatong Warning ASN Terkait Politik Praktis

Jelang Pilkada 9 Desember mendatang, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara me-warning kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu agar tidak terlibat politik praktis.

Kelangkaan LPG Jelang Nataru Diatensi Pemkab Minahasa

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, LPG subsidi 3 kilogram sering langka jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk itu Pemkab Minahasa berupaya melakukan upaya antisipasi menjaga kelangkaan LPG subsidi pemerintah tersebut.