28.6 C
Manado
Kamis, 13 Mei 2021
spot_img
spot_img

Dua SKPD Bikin Eksekusi Program Terhambat

MANADOPOST.ID– Proses finalisasi pembahasan Refocussing Anggaran Tahun 2021, terlambat dari waktu yang ditargetkan. Pasalnya, ada dua SKPD yang sampai Jumat (19/3) kemarin belum merampungkan laporan yang diwajibkan.

Demikian disampaikan Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH. “Belum bisa running untuk program kerja secara keseluruhan. Karena masih ada 2 SKPD yang belum merampungkan laporannya. Sedikit lagi, segera final dalam waktu dekat,” ungkap CS sapaan akrab wali kota.

Dikatakan CS, secara keseluruhan progres perpindahan sistem tata kelola keuangan daerah, yang dahulunya menggunakan SIMDA kini harus beralih ke SIPD tak memiliki kendala. Hanya saja, ada sejumlah regulasi dan ketentuan yang wajib dipenuhi pihaknya.

“Sejauh ini tidak ada kendala. Memang ada proses peralihan sistem. Kita optimis, perpindahan sistem ini tak menghambat pelaksanaan realisasi program kerja dan proyek fisik lainnya,” ujar wali kota

Lain tempat, Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE tak menampik, proses perpindahan sistem tata kelola pemerintahan, juga yang menyangkut dengan teknis pengelolaan keuangan. Turut memperlambat kinerja roda pemerintahan. Lebih lagi, mempercepat pemahaman seluruh ASN di lapangan, kala mengonversikan SIMDA ke SIPD.

“Perlu sosialisasi yang matang memang. Penyesuaian ini juga turut berpengaruh dalam agenda kerja legislatif. Ini sistem yang menurut saya terlalu dipaksakan. Harusnya ada proses transisi yang terukur, dibarengi dengan sosialisasi yang tepat,” ketus Sundah.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah BPKPD Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi ketika disentil soal SKPD mana yang belum bisa memasukkan laporan keuangan.

Serta penyesuaian rencana kerja dihubungkan dengan Refocussing Anggaran. Enggan berkomentar lebih. “Intinya dalam waktu dekat, semua program kerja bisa segera direalisasikan,” tukasnya.(yol/gnr)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru