26C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Setahun, 17 Orang Meregang Nyawa di Jalan Tomohon

MANADOPOST.ID– Berhati-hati, mematuhi rambu lalu-lintas serta berkonsentrasi dalam berkendara. Mutlak dimiliki setiap orang. Jika tak ingin terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri apalagi orang lain.

Pasalnya, dikatakan Kapolres Kota Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot SIK MH, di sepanjang tahun 2020 lalu. Ada 17 orang meregang nyawa, dikarenakan mengalami kecelakaan lalu-lintas (Lakalantas).

“Tentunya hal ini harus menjadi perhatian kita semua. Berkendara sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, menggunakan helm jika di kendaraan roda, mengenakan sabuk pengaman untuk mobil. Lengkap surat dan tentunya berkonsentrasi serta berhati-hati saat mengendarai kendaraan.

Sepanjang tahun lalu, ada 127 kasus Lakalantas yang terjadi di seluruh titik Wilkum Polres Tomohon. 17 diantaranya meninggal dunia, sementara 160 diantaranya luka-luka,” beber kapolres, di sela Press Conference Awal Tahun, di Aula Mapolres Kota Tomohon, Jumat (22/1) kemarin.

Lanjut dikatakan Perwira Dua Melati ini, para orang tua di Kota Tomohon, selayaknya memberikan perhatian ekstra kepada anak-anak. Memberi edukasi dan pemahaman yang tepat, sebelum memberikan kendaraan bagi buah hati. Dikarenakan, Bambang bilang, dari sebagian besar kasus lakalantas yang terjadi di Kota Bunga. Pada umumnya melibatkan anak-anak di bawah umur.

“Dominan anak muda dan sebagian masih di bawah umur, mulai dari 16-25 tahun kasus lakalantas di Tomohon. Begitu juga korbannya, ada kurang lebih 40 anak muda dan di bawah umur. .aInilah sebabnya, saya berharap peran aktif dari orang tua, memberikan pemahaman bagi anak-anak sebelum memberikan akses untuk kendaraan,” imbau Bambang.

Di tempat yang sama, Kabag Ops Polres Tomohon Kompol Met Warouw menambahkan, dari keseluruhan kejadian lakalantas di Kota Sejuk. Jumlah kerugian material yang dialami, nyaris menyentuh angka setengah miliar rupiah.

“Total kerugian material yang disebabkan dari keseluruhan kasus lakalantas, menyentuh angka Rp.497.700.000. Hampir setengah miliar jumlahnya, ini harus menjadi catatan kita bersama. Mencegah lebih baik daripada mengobati,” sebut Warouw yang juga diamini Paur Humas Polres Tomohon Aiptu Johnny Rumagit. (yol)

Artikel Terbaru