27C
Manado
Rabu, 14 April 2021

Akhir Maret, Serapan Anggaran Pemkot Tomohon Baru 5 Persen

TOMOHON- Konversi sistem tata kelola keuangan daerah, dari SIMDA ke SIPD membuat capaian realisasi serapan anggaran Pemkot Tomohon, bak jalan di tempat.

Disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi MAP, capaian serapan anggaran baru menyentuh angka 5 persen.

“Dari total belanja daerah sebesar Rp.657 Miliar, yang baru terserap itu baru sekitar 56 Miliar, mayoritas diserap di pos Belanja Operasi, masing-masing dialokasikan untuk belanja pegawai Rp.46 Miliar. Sementara sisanya sebesar Rp.9,2 belanja barang dan jasa di seluruh SKPD,” beber Mogi, kepada Manado Post, Selasa (23/3) .

“Jika dipresentasikan, itu artinya belum lewat 5 persen dari total alokasi belanja,” kata Meski begitu, Mogi bilang, kondisi saat ini hampir serupa dialami Pemkot Tomohon. Tiap kali membuka awal tahun anggaran berjalan.

“Memang belum bisa signifikan, karena semua tender proyek di SKPD strategis semisal PU dan Perkim, sampai saat ini belum bisa dieksekusi. Bisa kembali lagi track positif, paling lambat awal April nanti,” tukasnya.(yol)

Artikel Terbaru