alexametrics
31.4 C
Manado
Sabtu, 23 Oktober 2021
spot_img

Waspada! Mutasi Virus Covid-19 Baru, Dinkes Tomohon: Varian Ini Lebih Ganas!

MANADOPOST.ID–Masyarakat Kota Tomohon terus diminta untuk melaksanakan anjuran pemerintah, dalam hal mencegah penyebaran Pandemi Covid-19. Tak beralasan, tantangan baru kini dihadapi. Tak lain adalah, varian baru hasil mutasi Virus Covid-19.

 

 

 

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr Deeisje Liuw Mbiomed, ketika dikonfirmasi Manado Post, pun tak memungkiri mutasi Virus Covid-19 baru, sudah masuk ke Indonesia. Liuw juga mengatakan, varian baru mutasi Virus Covid-19 yang ditemukan di daerah Bali. Jauh lebih ganas ketimbang virus yang sebelumnya telah menjangkiti ribuan warga Kota Bunga.

 

 

 

Namun begitu, Liuw menegaskan, hingga saat ini belum ada temuan maupun laporan kasus mutasi Virus Covid-19 di Tomohon.

 

 

 

“Sesuai konsultasi dan komunikasi rekan-rekan dinas kesehatan lintas daerah. Sudah ada varian mutasi Virus Covid-19 baru di Bali. Jenisnya yakni,  B.1.617. Varian ini berasal dari Bali, bisa saja dari warga setempat atau pelancong yang datang membawa virus baru tersebut. Bahkan, menurut informasi yang kita terima, virus varian baru ini jauh lebih ganas. Dalam kurun waktu 2 hari saja, sudah bisa menginfeksi saluran pernapasan manusia. Otomatis, dari sisi angka kematiannya juga lebih tinggi,” beber Liuw, Minggu (23/5/2021)

 

 

 

Atasnya, pihaknya berharap kepada seluruh warga Kota Sejuk, agar terus melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan ketat dan disiplin. Bukan karena keterpaksaan. Lebih-lebih, dengan berlakunya maklumat dan sanksi tegas pasca diberlakukannya Perda Penegakan Hukum dan Disiplin Covid-19.

 

 

“Seluruh daerah bahkan secara global, kita masih berjuang melawan pandemi Covid-19. Saya harap, kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat menjalankan prokes tak kendor. Hanya karena kondisi daerah kita saat ini, sudah lebih kondusif. Tentunya kita tak ingin kondisi seperti di India, terjadi di Tomohon,” pungkas birokrat senior ini.

 

 

 

Julius Laatung

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru