27C
Manado
Jumat, 23 April 2021

Vaksinasi RS Bethesda Sasar Toga

TOMOHON— Selain merampungkan vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan, Rumah Sakit Umum (RSU) GMIM Bethesda Tomohon kini fokuskan pelayanan terhadap pemberi layanan publik.

Hal ini diungkapkan Direktur dr Ramon Amiman melalui Wakil Direktur Bidang Medik dan Keperawatan dr Ellaine Wenur M.Kes. “Jadi ada tokoh agama (Toga), Dosen mereka yang kontak langsung dengan pasien Rumah Sakit, tentu kami sesuaikan dengan data pada dinas kesehatan,” ucapnya.

Dia melanjutkan, 90 persen peserta baik nakes maupun pemberi layanan publik sudah berada pada vaksinasi tahap 2. “Karena kan menggunakan vaksin Sinovac yang penyalurannya sudah dilakukan ke rumah-rumah sakit. Kalau vaksin Astrazeneca kemungkinan besar dimulai Jumat nanti. Menunggu instruksi dinas kesehatan,” bebernya.

Kata dia, untuk tenaga kesehatan di RSU GMIM Bethesda diharapkan segera mencapai 100 persen. “Karena memang untuk memperoleh vaksin ada beberapa syarat yang harus terlebih dahulu dipenuhi. Ada beberapa kendala karena pada saat vaksinasi didapati ada yang alergi, ada yang sakit, kalau yang memenuhi kriteria, 100 persen sudah terlaksana,” timpanya.

Dia menjelaskan berita baiknya, sejak vaksin mulai disalurkan angka pasien Covid-19 yang dirawat di tempatnya mengalami perubahan posiitif yang signifikan. “Bahkan saat ini tidak ada lagi pasien Covid yang kami rawat. Itu sejak Senin kemarin, namun begitu kami tetap siap siaga melayani pasien Covid, dengan protokol arahan dinas kesehatan dan kemenkes tentunya,” terangnya.

Dia berharap masyarakat agar berperan aktif mendukung program pemerintah dengan tidak takut untuk melakukan vaksinasi. “Kami tentu berkerinduan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan didalamnya menjaga 5M. adaptasi kebiasaan baru harus dijaga, karena kita tidak tahu kedepan akan terjadi apa dengan Covid,” harapnya.

Dia menegaskan vaksin yang diberikan aman bagi masyarakat dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan. “Sebab vaksin ini sudah melewati berbagai uji klinis yang berlapis-lapis oleh pemerintah. Mutunya sudah teruji. Demi menuntaskan wabah ini kita harus seiring sejalan. Mari kita menjaga kesehatan dimulai dari diri kita sendiri,” tandasnya. (asr)

Artikel Terbaru