27C
Manado
Rabu, 27 Januari 2021

Elektabilitas di Angka 60 Persen, CS-WL: Kita Tetap Kerja

MANADOPOST.ID—Survei terbaru Pilwako Tomohon dirilis Indonesian Observer. Hasilnya, paslon nomor urut 2 Caroll Senduk dan Wenny Lumentut (CS-WL) kokoh di angka 60 persen. Survei yang dilakukan 13-15 November itu menemukan jika CS-WL menguasai top of mind pemilih di Kota Tomohon dengan angka 60,8%.

Kemudian CS-WL masih berpotensi meraih suara terbanyak yakni 61,9%. Diikuti Jilly Eman-Virgi Baker 29,9%, dan Robert Pelealu-Fransiscus Soekirno 0,8%. Potensi swing voters atau pemilih yang belum menentukan sikap hanya 7,4%.

Selanjutnya CS-WL adalah calon yang paling dikenal, lebih dari 95% responde. Terakhir, survei ini menyatakan tingkat akseptabilitas kedua figur tersebut juga sangat disukai. Di angka lebih dari 80%. Tiga isu utama yang diangkat CS-WL yakni penyediaan lapangan kerja, pengendalian Covid-19, dan pengendalian harga bahan pokok menjadi topik utama yang perlu menjadi prioritas dan perhatian pemerintah.

Peneliti Indonesian Observer Andre Mongdong mengatakan, surveu ini menggunakan multi stage random sampling dengan 1.032 responden yang tersebar di 44 kelurahan. “Margin error 3,03% pada tingkat kepercayaan 95%. Teknik survei yang kita gunakan adalah wawancara tatap muka, responden mengisi kuisioner,” bebernya.

Selanjut Andre mengatakan survei ini dilakukan untuk melihat sikap dan perilaku pemilih di Kota Tomohon, mengetahui siapa di antara nama-nama tokoh yang punya peluang paling kuat untuk menang dalam pilkada.

Caroll Senduk dan Wenny Lumentut jauh meninggalkan lawannya dalam survei yang dilakukan Indonesian Observer.

“Kita juga ingin tahu faktor penting yang berkaitan dengan pilihan tersebut yang kemudian memberikan saran pada mereka untuk memperbesar peluang menang di pilkada,” tukasnya. Andre memaparkan, sejumlah pertanyaan diajukan pada responden. Termasuk mengenai kinerja pemerintah saat ini.

Melihat survei ini, paslon CS-WL menekankan tidak akan terlena dengan hasil tersebut. “Kita akan terus bekerja, meyakinkan masyarakat kalau kita adalah figur paling tepat membangun Tomohon,” kata Caroll Senduk.

Hal yang sama ditekankan Wenny Lumentut. “Survei yang disampaikan tersebut menjadi tolak ukur kerja dan strategi kami. Tapi tentu tidak akan terlena dengan hasil ini,” tegasnya. Dia menambahkan, Caroll dan Wenny telah bekerja untuk Tomohon jauh sebelum pilkada digelar.

“Kita sudah kerja dan masyarakat telah merasakan apa yang kita perjuangkan. Saya pikir wajar jika survei mengatakan seperti itu. Saya dan Pak Caroll bukan orang baru di Tomohon. namun terima kasih pada masyarakat Tomohon yang terus bersama saya dan Pak Caroll dalam perjuangan menuju pilkada 9 Desember mendatang,” kunci WL.(gel)

Artikel Terbaru