27C
Manado
Rabu, 27 Januari 2021

Koalisi Rakyat Bersatu

Didukung 42.053 Suara, JGE-VB Kans Menang Telak

TOMOHON— Kontestasi Pilwako Tomohon Tahun 2020, tinggal menghitung hari. Kekuatan plus restu bagi pasangan calon (Paslon) Wali Kota-Wakil Wali Kota Tomohon Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker (JGE-VB), terus mengalir bahkan ‘migrasi’ dari kubu kompetitor tak jarang datang.

Jika menilik raihan total suara partai pengusul JGE-VB, yang digawangi Partai Golkar, NasDem, Hanura dan Demokrat, total 42.053 suara hasil Pileg 2019 lalu, dipastikan siap membawa kemenangan telak bagi JGEVB. Atau dominan 57 persen, dibandingkan dengan DPT 73.633 yang dirilis penyelenggara. Pernyataan optimisme belakangan pun, santer digaungkan para ketua partai pengusul JGE-VB.

“Saya mewakili seluruh partai pengusul, siap membawa kemenangan bagi JGE-VB, mari bersama satukan hati dan pandangan menuju kemenangan di tanggal 9 Desember nanti,” ajak Ketua DPD Partai Golkar Tomohon, Miky Wenur, dalam berbagai kesempatan.

Sambutan positif pun hinggap ke barisan JGE-VB. Semisal Tokoh Masyarakat Tomohon Utara John Tampaty. “JGE-VB pasti membawa semangat baru dalam pemerintahan Tomohon ke depan. Mereka berdua memiliki passion, ide dan gagasan sekaligus terobosan ala milenial. Mendobrak pola lama, menuju peningkatan kualitas kesejahteraan seluruh warga Kota Bunga,” seru Tampaty, ketika diwawancarai beberapa waktu lalu.

Tokoh Pemuda Tomohon Selatan Tonnie Pandeirot. Topan, sapaan akrab mantan Sekretaris KNPI Kota Tomohon ini meyakini JGE-VB sarat kompetensi dan kapabilitas membawa Kota Sejuk semakin tangguh kedepannya. “JGE-VB merupakan perpaduan calon pemimpin yang memiliki kemampuan, punya inovasi dan kreasi baru khas generasi kekinian. Ini yang dibutuhkan Tomohon. Tentu saja dengan koordinasi dan sinergitas, bersama stakeholder terkait,” tegas Topan.

Seruan untuk mengajak, mengawal dan memenangkan JGE-VB pun gencar disuarakan Debby Motulo. Tokoh Masyarakat Tomohon Barat ini meyakini lewat JGE-VB, seluruh aspirasi dan kebutuhan masyarakat. “JGE-VB adalah calon pemimpin potensial. Keduanya berlatar belakang pekerja muda yang penuh inovasi. Ini satu kehormatan bagi kami. Dan bila tercapai, saya dan pemilih perempuan lainnya pasti bangga, karena turut mencatatkan sejarah,” papar Motulo.

Terpisah, Pengamat Politik dan Pemerintahan Josef Kairupan menilai, ikhtiar dan komitmen membangun daerah jadi tolak ukur yang harus dipahami publik. “Saya kira ini fair, tidak ada pembredelan hak masing-masing individu untuk maju ke pertarungan politik. Dan sistem yang dibangun pemerintah saat ini, saya kira cukup baik. Ada capaian kinerja seperti raihan IPM, indikasi melihat sejauh mana program yang dikerjakan eksekutif. Dapat menjamin hak-hak dasar masyarakat, utamanya akses pendidikan, kesehatan dan ekonomi,” terang Direktur Pusat Kajian Pemerintahan dan Sosial Politik Unsrat.(yol/gnr)

Artikel Terbaru

Golkar Copot JAK dari Ketua Harian

Pelaku Curat Ditembak Petugas

Lusa, KPU Hadapi Sidang MK