24 C
Manado
Kamis, 26 November 2020

Belum 17 Tahun Bisa Memilih, Begini Penjelasan KPU

MANADOPOST.ID–Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020, saat ini tengah memasuki pelaksanaan tahapan kampanye. Meski begitu, literasi dan edukasi, tentang data pemilih terus menjadi concern KPU Kota Tomohon.

Olehnya, sejumlah sosialisasi langsung, maupun secara virtual memanfaatkan kanal informasi teknologi dan media sosial. Santer digencarkan penyelenggara.

“Data pemilih ini perannya sangat vital, dan jadi elemen dasar penentuan paslon menang di Pilkada atau tidak. Di Tomohon sendiri, jumlah pemilih yang ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT, berjumlah sebanyak 73.633,” ungkap Komisioner Divisi Informasi dan Data KPU Tomohon Vierna Pijoh, di sela gelaran Sosialisasi Data Pemilih, lewat kanal medsos KPU Tomohon, belum lama ini.

Lebih jelas soal persyaratan data pemilih. Atau siapa saja, yang diperbolehkan menyalurkan hak pilihnya di Tanggal 9 Desember nanti. Vierna menjelaskan, sudah pasti yang bersangkutan adalah Warga Negara Indonesia, yang ditandai dengan KTP-El serta telah berusia 17 Tahun.

“Sekarang, jika pemilih belum berusia 17 Tahun, apakah bisa memilih di Tanggal 9 atau tidak? Jawabannya bisa, asalkan dirinya telah menikah atau sudah pernah menikah,” sebut Vierna.

Sembari menambahkan, warga yang bisa memilih diantaranya, pensiunan TNI- Polri, serta warga yang tidak sementara dicabut hak pilih. Khusus untuk opsi terakhir, biasanya diperuntukkan bagi tahanan politik.

“Selain itu juga, kita terus melakukan aktualisasi soal data pemilih. Karena data pemilih ini sifatnya dinamis, tiap hari mungkin ada yang meninggal. Sudah pasti datanya dihapus. Begitupun, yang sudah berusia 17 tahun, pastinya dimasukan ke DPT nantinya,” pungkas dia.(yol/gnr)

-

Artikel Terbaru

Diego Maradona Dikabarkan Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung

Diego Maradona dikabarkan meninggal dunia, Rabu (25/11). Dilansir Daily Mail, legenda sepak bola dunia itu meninggal akibat serangan jantung di usia 60 tahun.

Meghan Markle Keguguran, Pangeran Harry Menangis

Kabar mengejutkan datang dari Meghan Markle. Istri Pangeran Harry itu ternyata mengalami keguguran pada Juli 2020 lalu. Kabar itu diketahui setelah The Duchess of Sussex menuliskan curhatannya di New York Times.

Dimulai Tahun 1956, Begini Sejarah Vaksin Massal di Indonesia

MANADOPOST.ID- Vaksin bukanlah hal baru buat masyarakat Indonesia. Sudah puluhan tahun Indonesia akrab dengan vaksin. Sejarah vaksin di Indonesia secara resmi dimulai tahun 1956, ketika dilakukannya vaksinasi cacar. Pemberian vaksin ini diakui sebagai salah satu upaya pencegahan yang cukup efektif dalam upaya memerangi satu wabah penyakit.

DMR Resmi Wakil Ketua DPRD Minut

Kursi Wakil Ketua DPRD Minahasa Utara (Minut), resmi diduduki Daniel Mathew Rumumpe. DMR, sapaan akrab Rumumpe, menggantikan kakaknya Shintia Gelly Rumumpe (SGR) yang saat ini maju sebagai calon bupati Minut.

Zaman Kapolri Idham Azis, tidak Ada Anjak yang Habis Sekolah

Dalam Apel Kasatwil 2020 di Mabes Polri pada Rabu (25/11), Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan perihal pembinaan personel kepolisian. Ada hukuman dan penghargaan bagi anggotanya. Bahkan, seluruh personel Bhayangkara akan mendapatkan jabatan sesuai dengan kompetensi individu.