26C
Manado
Senin, 19 April 2021

Nakes RSGM Selesaikan Vaksinasi Mitigasi Penyebaran Covid

TOMOHON—Tenaga kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Gunung Maria (RSGM) hingga kini sudah melewati vaksinasi pada tahap I dan II guna memberi pelayanan kesehatan yang maksimal bagi masyarakat. Hal ini diungkapkan Direktur RSGM dr Frankly Palendeng.

“Nakes yang sudah memenuhi syarat sudah semuanya, kehadiran vaksin ini terbukti cukup efektif memitigasi penyebaran Covid-19, buktinya, sejak awal vaksinasi ini dilakukan, jumlah pasien yang dirawat perlahan mengalami penurunan,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, data terbaru (Red.hari ini) menunjukan pasien Covid-19 yang dirawat tinggal 1 orang. “Pasien ini baru memang dirawat 2 hingga 3 hari. Biasa kami merawat pasien hingga dua puluhan orang, tapi kini rata-rata dibawah 5 orang,” bebernya.

Kata dia, penurunan ini terjadi karena ada beberapa faktor utama dan bukan hanya karena adanya vaksin saja. “Intinya jangan longgarkan protokol kesehatan meski terdapat progress positif pasca adanya vaksinasi ini,” timpanya.

Dia menyarankan seluruh masyarakat untuk tidak takut dan berperan aktif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan mengambil bagian dalam pemberian vaksin. “Ini merupakan salah satu intervensi primer yang dilakukan pemerintah, agar supaya bisa memutus itu,” ucapnya.

Menurutnya, masyarakat harus jeli lagi dan mengidentifikasi dahulu terhadap berita-berita hoax yang beredar di media terkait efek negatif usai mendapatkan vaksin. “Ada baiknya berita tersebut ditanyakan kepada mereka yang berwenang, baik nakes maupun pemerintah, apalagi berita di media sosial, banyak hoax yang tidak sesuai dengan kenyataan. Kalau mau membentuk herd immunity, kita harus cepat dalam pelaksanaan vaksinasi,” tandasnya. (asr)

Artikel Terbaru