alexametrics
31.4 C
Manado
Senin, 27 September 2021
spot_img

Gelombang Pasang Covid-19 di Tomohon, Karinda: Kebiasaan Sering Berkumpul Masih Tinggi

MANADOPOST.ID– Pandemi Covid-19 di Kota Tomohon, kembali menapaki tahap serius. Terbukti, dari rilis Satgas Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Sulut, Senin (28/6/2021) lalu. Kota Bunga menyumbangkan kasus positif terbanyak. 22 kasus positif, bahkan diduga turut masuk hingga ke sistem pelayanan publik dan kesehatan. Belum lagi, dengan dugaan meninggalnya seorang warga di Kecamatan Tomohon Barat, sehari pasca menjalani vaksinasi.

 

 

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Kota Tomohon dr Olga Karinda menyatakan, sejalan dengan penanganan Pandemi yang makin digenjot. Kebiasaan warga yang masih sering berkumpul, tidak diterapkannya prokes secara disiplin. Jadi beberapa faktor pendorong, masih intensnya pertambahan kasus baru di Kota Sejuk.

 

 

 

“Prokes kita masih perlu didorong. Kesadaran masyarakat intinya, bukan karena keterpaksaan dari imbauan pemerintah. Dan masih ada kegiatan suka -duka dimana di situ terjadi perkumpulan masyarakat. Harusnya semua bisa memahami bahwa pandemi masih berlangsung,” ungkap Karinda, ketika diwawancarai Manado Post, belum lama ini.

 

 

 

“Iya, ada 4 nakes kita di salah satu fasilitas layanan kesehatan yang positif. Tapi sifatnya OTG. Sementara menjalani isolasi mandiri,” tukasnya lagi.

 

 

 

 

 

Dirinya pun berharap, kepada seluruh pelaku masyarakat di Kota Bunga. Sekembalinya dari kegiatan perjalanan luar daerah. Seyogyanya mengikuti prosedur yang ditetapkan pemerintah.

 

 

 

 

“Melakukan Swab Test lagi ketika kembali ke Tomohon. Kalau pun negatif, baiknya melakukan isolasi mandiri. Jangan dulu berbaur dengan komunitas. Sembari program vaksinasi massal terus kita optimalkan,” pungkas dia.

 

 

 

Diketahui hingga Selasa (29/6/2021) Kota Tomohon menyumbangkan 3 kasus positif. Dari total kasus tambahan harian sebanyak 38.

 

 

 

Julius Laatung

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru