31C
Manado
Minggu, 7 Maret 2021

Vaksinasi di Tomohon Capai 54 Persen

MANADOPOST.ID–Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Tomohon telah lebih dari setengah sasaran. Tepatnya 54,80 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw MBiomed mengatakan, data hingga 28 Januari 2021, sudah 758 orang di Kota Sejuk telah mendapatkan “imunitas” tambahan sejak dimulainya vaksinasi 15 Januari lalu. Salah satunya, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman bersama jajaran forkopimda.

“758 orang ini dari total target tahap pertama, sebanyak 1.383 orang. Sebenarnya bisa lebih lagi, jika 179 orang lainnya bisa lulus screening,” ungkap Liuw, ketika diwawancarai di RSUD Anugerah Tomohon, Jumat (29/1) kemarin.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata penerima vaksin tersebut ada yang sedang hamil, menyusui, bahkan tekanan darah tinggi tidak terkontrol,” sambung Liuw.

Ditambahkan pejabat senior Pemkot Tomohon ini, adapun Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang dilaporkan hanya gejala ringan. “Seperti rasa mengantuk, nafsu makan bertambah, maupun nyeri di daerah suntikan,” katanya,

Sembari memastikan vaksin coronavac bermerek Sinovac ini aman dan halal. “Vaksinasi ini aman dan halal, tapi yang perlu diingat juga, bukan berarti sudah divaksin. Lantas kita mengabaikan protokol kesehatan. Dimana pun ingat 5M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” pungkasnya.

Sementara itu di tempat yang sama Wali Kota Tomohon Jimmy Eman usai menerima vaksinasi kedua menyatakan, dirinya merasa seperti biasa-biasa saja. Pusing sedikit namun selebihnya, wali kota dua periode ini merasa sehat.

“Biasa-biasa saja rasanya, dan bagi masyarakat yang nantinya akan menerima vaksinasi. Saya yakin ini aman dan halal, namun menjalankan protokol kesehatan sangat penting juga. Jangan abai dengan menjalankan 5M. Semoga badai pandemi ini cepat berlalu,” ujar JFE, sapaan akrab wali kota.

“Dengan dilaksanakannya penyuntikan vaksin kepada para pimpinan daerah dan tenaga kesehatan, maka masyarakat tak usah ragu dan takut untuk disuntik vaksin ini, yang telah di jamin pemerintah,” pungkasnya.

Turut hadir dan divaksin, Kapolres Tomohon AKBP. Bambang Ashari Gatot, S.I.K., M.H., Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. O. D. S. Mandagi dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon Drs. Gerardus Mogi.

Diketahui, sasaran vaksinasi tahap pertama ini yaitu tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa yang sedang menjalani profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan. (yol/gnr)

Artikel Terbaru