28.6 C
Manado
Kamis, 13 Mei 2021
spot_img
spot_img

Gelaran Tour de` Tomohon Dimatangkan

MANADOPOST.ID–Menopang pelaksanaan kegiatan pariwisata khas Tomohon, yang juga masuk dalam kalender pariwisata nasional. Apalagi kalau bukan Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF), yang direncanakan digelar bulan Agustus mendatang. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tomohon, siap menghelat Tour de’Tomohon Tahun 2021.

Dikatakan Kepala Dispora Kota Tomohon Ventje Karundeng, ketika diwawancarai Manado Post, Selasa (30/3) kemarin. Agenda yang nantinya menjadi salah satu side iven TIFF tersebut. Bakal melombakan dua cabang olahraga (Cabor) sekaligus, masing-masing Lari dan Sepeda.

“Yang menarik di pelaksanaan Tour de’Tomohon Tahun 2021, para peserta baik lari dan sepeda. Di titik-titik atau pos rute yang sementara kita kaji ini, ada pertunjukan kesenian dan kebudayaan khas Tomohon. Jadi dalam satu iven, ada spirit untuk berolahraga sekaligus menjajal kekayaan alam dan kearifan lokal. Bisa ada tari-tarian, seperti Kabasaran dan Maengket. Kalau perlu ada sajian kuliner juga yang bisa dicicip peserta,” beber Karundeng.

Konsep yang ditawarkan tersebut, Karundeng bilang, diharapkan mampu memberikan multiplier effect bagi seluruh sektor di Kota Sejuk. Utamanya lagi menambah length of stay para peserta yang juga wisatawan. Ada konsumsi yang nantinya berdampak pada pendapatan masyarakat.

“Badan sehat, kita juga bisa kenalkan spot-spot wisata, wisatawan juga bisa menikmati pertunjukan kesenian. Ada perputaran uang pasti di sana. Masyarakat bisa meraup rezeki nantinya. Sinergitas bersama antar perangkat daerah, untuk kemajuan kota yang sama-sama kita cintai ini,” ujar Karundeng.

Atasnya dirinya berharap, dukungan penuh seluruh pihak utamanya lagi masyarakat. Agar rencana pelaksanaan kegiatan yang nantinya digelar dapat berjalan lancar. “Menjaga kondusifitas daerah, tingkatkan rasa memiliki dengan mengedepankan keramahtamahan. Biar wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bisa makin kenal dan terus menjadikan Tomohon sebagai destinasi pariwisata,” tandas mantan Kadis Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Tomohon.(yol/gnr)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru