25 C
Manado
Sabtu, 15 Mei 2021
spot_img

Viral Warga Diusir dari Masjid Karena Masker, Ini Reaksi Kementerian Agama

MANADOPOST.ID–Video pengusiran warga yang menggunakan masker saat hendak salat di Masjid viral di Media Sosial (Medsos). Dalam video itu,  memperlihatkan tiga orang pria yang mengatasnamakan pengurus Masjid Al Amanah di Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat melarang seorang warga yang hendak salat menggunakan masker.

Mengenai hal itu, Direktur Jenderal Bina Masyarakat Islam (Dirjen Bimas) Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin mengatakan bahwa tindakan para pengurus masjid yang melarang penggunaan masker ketika beribadah adalah tidak benar.

“Sama sekali tidak bisa kita mengatakan bahwa kalau di masjid itu semuanya aman dan dilindungi oleh Allah, tidak mungkin terjadi klaster covid, itu tidak betul,” ungkap dia kepada JawaPos.com, Senin (3/5).

Menurutnya, pandemi Covid-19 ini merupakan hukum alam. Jadi jika ada penyakit menular, masyarakat harus melakukan pelindungan diri, tidak bisa pasrah atau mengabaikan protokol kesehatan.

Ilustrasi

“Karena tuhan itu sudah menurunkan hukum alam, kalau ada penyakit, ya harus diproteksi, tidak bisa kita pasrah, fatalisme namanya, itu tidak betul,” ujarnya.

Saat ini, kasus sudah didamaikan oleh pihak Polres Bekasi dengan mempertemukan kedua belah pihak, di mana pengurus masjid berkomitmen tidak akan mengulangi tindakan seperti itu. Ia pun mengharapkan kejadian serupa ditemukan.

“DKM itu sudah komitmen untuk tidak lagi melarang, jadi kami anggap selesai. Kami berharap ini tidak terjadi di tempat lain karena argumennya sangat tidak betul,” imbuhnya.

“Semoga ini tidak menjadi contoh tempat lain, kami harap ini kasus terakhir, tidak lagi terjadi ditempat lain dan kita semua harus bekerja sama dan berkoordinasi. Saya mengapresiasi Polres Bekasi yang tanggap dan cepat melakukan langkah produktif karena sudah dianggap selesai,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Salah seorang pria pengurus masjid dalam video yang beredar diketahui bernama Ustad Abdurohman. Dia melarang warga salat di masjid memakai masker. Dia meminta warga tersebut untuk segera pergi.

Warga tersebut terus berusaha menolak usiran pengurus masjid. Alasannya dia hanya mengikuti anjuran pemerintah dalam memanggulangi pandemi Covid-19. Hingga akhirnya terus terjadi perdebatan panjang.

Ustad Abdurohman bahkan sempat mengutip Surat Ali Imran ayat 96 dan 97 di dalam Alquran sebagai dasar melarang warga salat memakai masker. Namun, kedua ayat itu tidak ada yang berkaitan dengan larangan memakai masker saat salat. Ayat 96 berkaitan dengan pembangunan awal Baitullah di Mekkah, Arab Saudi. Sedangkan ayat 97 berkaitan dengan kewajiban ibadah haji bagi warga yang mampu.(jawapos)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru