31.4 C
Manado
Jumat, 30 Juli 2021

Realisasi Anggaran 4,1 Triliun, KPPN Manado Capai Target Nasional

MANADOPOST.ID—Pada awal semester ke dua tahun 2021, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado mencatat selama Semester I (satu) dari Januari hingga Juni tahun berjalan, telah menyalurkan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar 4,1 triliun Rupiah atau 41,16% dari total pagu anggaran 10,19 triliun.

Menurut Kepala KPPN Manado Asyep Syaefudin angka realisasi penyerapan anggaran semester pertama ini telah sesuai dengan target nasional. “Untuk serapan anggaran kami sudah capai 41 persen dari target nasional yakni 40 persen,” sebut Syaefudin.

Lebih lanjut Asyep memaparkan bahwa lima Bagian Anggaran (BA) dengan serapan terbesar yakni Komisi Pemilihan Umum yakni 88% (Rp.60,9 miliar), Perpustakaan Nasional RI 65,7% (Rp.326 juta), Mahkamah Agung 60% (Rp.47,8 miliar), Kementerian Hukum dan HAM RI 56% (Rp.47,7 miliar) dan Badan Kepegawaian Negara 52,8% (Rp.6,8 miliar).

Diungkapkan Syaefudin bahwa di tengah pandemi Covid19, KPPN terus berupaya dalam berbagai kebijakan terkait fiskal untuk mengatasi masalah krisis ekonomi, demi mempercepat proses penyerapan anggaran. “Untuk pemulihan ekonomi dimasa pandemi, tentunya kementerian keuangan bergerak cepat. Sistem pelayanan pencairan dana kita percepat dan semuanya sudah secara elektronik,” ungkap Asyep.

Ditambahkan Kepala Seksi Pencairan Dana KPPN Manado Bonny Adam bahwa untuk mempercepat penyerapan anggaran dimasa pandemi, selain suport sistem aplikasi yang dipercepat, KPPN melakukan pelayanan dalam 24 jam.

“Kita mengurangi untuk ada tatap muka. Hanya apabila ada kendala, satker biasanya datang ke KPPN. Tapi jika satker ada keluhan di luar jam kerja tetap kita layani, baik melalui email maupun grup Whatsapp,” tambah Adam.

Diketahui, bahwa pada semester ke dua, penyerapan anggaran terbesar di KPPN Manado didominasi oleh belanja pegawai yakni 56% (Rp.1,37 triliun), diikuti belanja modal 37,7% (Rp.1,08 triliun) dan belanja barang 36,9% (Rp.1,25 triliun). (Desmianti Babo)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru