31 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Ini Penjelasan Anggota DPR RI Wakil Sulut Soal Kontroversi Omnibus Law Ciptaker

MANADOPOST.ID—Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) baru disahkan DPR RI Senin tengah malam. Hal ini menuai kontroversi terkait beberapa pasal yang dikhawatirkan merugikan buruh dan pekerja. Akhirnya, aksi demonstrasi menolak pengesahan Omnibus Law Ciptaker ini marak dilakukan di beberapa daerah.

Sejumlah poin yang dikeluhkan antara lain; uang pesangon yang dihilangkan, upah minimum kabupaten/kota (UMK) dan upah minimum sektoral kabupaten/kota (UMSK) dihapus, upah yang dihitung per jam, soal hak cuti, status karyawan hingga bebasnya tenaga kerja asing masuk ke Indonesia.

Poin-poin kontroversi yang memicu penolakan atas Omnibus Law Ciptaker ini direspon anggota DPR RI Hillary Brigitta Lasut. Kepada Manado Post, anggota DPR RI wakil Sulut ini menjelaskan, poin-poin yang disebutkan tidak sepenuhnya benar. Karena, dari semua keluhan ini ada penjelasannya.

“Masyarakat banyak yang termakan hoaks. Saya contohkan, terkait poin penghapusan UMK, hal itu tidak benar. Upah minimum ditetapkan dengan memperhatikan kelayakan hidup pekerja/buruh dengan mempertimbangkan aspek pertumbuhan ekonomi daerah atau inflasi. UMP wajib ditetapkan gubernur dan UMK tetap ada,” tegasnya.

Kemudian soal uang pesangon yang dihilangkan. Anggota Fraksi Partai Nasdem itu pun membantah. “Itu tidak benar. Karena faktanya, di RUU Ciptaker, itu tetap ada. Tertuang di Bab IV soal ketenagakerjaan. Pasal 89 tentang perubahan terhadap pasal 156 atay 1 UU 13 tahun 2003. Di situ menjelaskan, pengusaha wajib membayar uang pesangon,” jelasnya.

Selanjutnya, soal hak cuti, jaminan sosial, dan beberapa poin lain dalam RUU Ciptaker yang dianggap kontroversi, dirinya memastikan hal-hal tersebut tidaklah benar. “Intinya, jangan termakan hoaks dan tenangkan diri. Memang lebih mudah menyerap berita negative dibanding mengambil waktu mencari kebenaran,” pungkasnya. (fgn)

-

Artikel Terbaru

Paruntu-Panambunan Siap Menangkan Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terus berdatangan kepada pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kini kembali terbentuk satu lagi dukungan datang dari kaum milenial, yakni Jaringan Anak Milenial (JAM) Sulut Hebat.

HR Hadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Bitung

Calon Wakil Gubernur Sulut Dr Hendry CM Runtuwene STh MSi, Selasa (27/10) menghadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Kota Bitung bertempat di Kelurahan Sagrat, Kecamatan Matuari.

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.

Operasi Zebra di Minahasa Jaring Puluhan Pelanggar

MANADOPOST.ID--Senin (26/10) kemarin adalah hari pertama digelarnya Operasi Zebra Samrat 2020. Khusus untuk wilayah Polres Minahasa, puluhan personil terlibat dalam operasi tersebut.