25.4 C
Manado
Sabtu, 31 Juli 2021

Pendaftar CASN Nyaris 1 Juta Orang, Kemenkumham Jadi Terfavorit

MANADOPOST.ID- Lowongan jadi abdi negara memang selalu diminati. Buktinya, seminggu usai pembukaan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN), jumlah pendaftar sudah nyaris satu juta orang.

Pelaksana tugas (Plt) Kelapa Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengungkapkan, hingga Rabu (7/7) pukul 10.00 WIB, tercatat sudah 920.561 calon pendaftar yang mengisi formulir. Mereka sudah membuat akun di portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) https://sscasn.bkn.go.id/ sebagai langkah awal pendaftaran.

“Sementara, yang sudah submit atau menentukan pilihan formasi sebanyak 265.401 orang pelamar,” tuturnya, kemarin.

Dari yang sudah submit formasi ini, diketahui mana saja instansi yang paling diminati. Untuk sementara, Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham)jadi yang paling banyak dituju oleh para pelamar. Sebanyak 153.455 orang telah memasukkan pilihannya ke instansi tersebut. Disusul kemudian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) 44.041 orang pelamar, Kejaksaan Agung (Kejagung) 43421 pelamar, Provinsi DKI Jakarta 13941 orang pelamar, dan Jawa Barat 13.372 orang pelamar.

Sementara, untuk instansi dengan pelamar terendah antara lain Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maybrat 3 orang pelamar, Pemkab Fakfak 9 orang pelamar, Pemkab Kepulauan Taninbar 11 orang pelamar, Pemkab Manokwari Selatan 12 orang pelamar, dan Pemkab Teluk Wondama 13 orang pelamar.

Menurut Paryono, Kumenkumham memang selalu paling banyak diminati setiap tahunnya. Karena, jadi salah satu instansi yang selalu membuka formasi untuk kualifikasi pendidikan dari jenjang sekolah menengah atas (SMA).

Untuk guru sebetulnya juga tak kalah diminati. Namun, tahun ini formasi guru yang dibuka sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) bukan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sehingga detil rekapan pendaftarannya masuk ke pemda masing-masing. Misalnya, 13.372 orang pelamar untuk Jawa Barat ini sudah termasuk PPPK, PPPK non guru, dan CPNS. Kendati begitu, dia menekankan, bahwa tak ada perbedaan antara PPPK dan CPNS. Keduanya sama-sama berstatus ASN.

Pendaftaran CASN, kata dia, memang akan dibuka hingga 21 Juli 2021 mendatang. Calon pelamar bisa mempelajari lebih detail mengenai formasi-formasi yang ada. Sebab, dalam pendaftaran nantinya calon pelamar dilarang memilih lebih dari satu formasi. Baik itu PPPK maupun CPNS. Karenanya, diimbau untuk lebih mengenal formasi yang dituju. Selain itu, pastikan semua berkas yang disyaratkan telah disiapkan dengan baik. Sehingga bisa memperlancar proses pendaftara. (jawapos)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru