31.4 C
Manado
Rabu, 4 Agustus 2021

Amerika Serikat Donasi 4 Juta Vaksin Moderna untuk Indonesia

MANADOPOST.ID- Negara-negara lain turut memberikan bantuan kepada Indonesia. Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia HE Sung Kim menyebut, AS akan mendonasikan 4 juta dosis vaksin Moderna kepada Indonesia.

‘’Pemerintah Amerika Serikat mendonasikan 4 juta dosis vaksin Moderna yang dijadwalkan akan segera tiba, beserta bantuan teknis dan medis lainnya serta oksigen,’’ ujar Kim saat melakukan courtesy call virtual bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, kemarin (8/7).

Kim menyebut, hal itu merupakan bentuk bantuan yang diberikan AS atas keprihatinan Indonesia yang tengah menghadapi masa sulit. Dia berharap, hubungan kedua negara semakin erat. Termasuk di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi.

Airlangga pun mengapresiasi bantuan yang diberikan AS tersebut. Dia menambahkan, dalam melayani kebutuhan masyarakat dalam perawatan medis selama masa pandemi, pemerintah menggunakan medical devices baik dari dalam negeri maupun impor. Hal ini didukung dengan relaksasi bea masuk.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne menyatakan akan mengirim paket bantuan untuk menangani lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Paket tersebut adalah peralatan medis senilai USD 12 juta atau sekitar Rp 174 miliar. Terdiri dari 1.000 ventilator, 700 konsentrator oksigen, lebih dari 170 tabung oksigen, 40 ribu alat uji antigen cepat, dan 2,5 juta vaksin AstraZeneca.

“Ini bentuk dukungan kami memperluas kapasitas pengujian cepat, mempertahankan layanan kesehatan yang ada, dan membantu fasilitas medis darurat saat Indonesia menghadapi kenaikan kasus yang terus meningkat,” terang Marise.

Sejak awal pandemi, Australia telah memberikan pinjaman USD 1,5 miliar atau senilai Rp 21,75 triliun untuk mendukung penanganan pandemi dan ketahanan ekonomi Indonesia. Melalui Regional COVID-19 Vaccine Access and Health Security Initiative, kata Marise, pihaknya juga menyediakan USD 101,9 juta (sekitar Rp 1,47 triliun) untuk mendukung peluncuran vaksin nasional Indonesia.

Jumlah tersebut termasuk pendanaan untuk pengadaan vaksin melalui UNICEF, Bank Dunia, WHO, serta Kemitraan Keamanan Kesehatan Australia Indonesia senilai USD 77,1 juta atau berkisar Rp 1,1 triliun.

“Indonesia juga akan mendapat manfaat dari kontribusi Australia senilai USD 100 juta (Rp 1,45 triliun) untuk Quad Vaccine Partnership yang akan mendukung pengiriman vaksin di seluruh Asia Tenggara,” pungkas Marise.(jawapos)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru