26.4 C
Manado
Jumat, 30 Juli 2021

DPP PIKI: Vaksinasi Homecare Sebagai Alternatif Meski Dalam Situasi Kondisi Darurat

MANADOPOST.ID – Data nasional yang dapat dilihat di website Covid19.go.id, saat ini program vaksinasi lengkap tahap dua baru mencapai 14 juta penerima vaksin. Sementara target nasional sampai akhir tahun 2021 adalah sebanyak 181,5 juta.

Itu artinya target vaksinasi baru mencapai sekitar 7,7%. Capaian sementara ini belum memadai untuk membentuk Herd Immunity bagi bangsa Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (DPP PIKI) menyerukan pemerintah, khususnya pemerintah daerah, melaksanakan kegiatan vaksinasi bagi masyarakat semaksimal mungkin, walaupun situasi sedang dalam kondisi Darurat akibat ledakan kasus Covid-19 gelombang kedua. Seruan ini terungkap dalam Forum Diskusi DPP PIKI di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Melalui forum itu, DPP PIKI berharap pemerintah daerah perlu terus konsisten menggalakkan program vaksin, antara lain dengan pelibatan partisipasi masyarakat berbasis komunitas, menyediakan corner vaksinasi di jam layanan di Puskesmas kelurahan maupun tingkat kecamatan. Bahkan mempertimbangkan pendekatan vaksinasi homecare oleh petugas yang berwenang.

Tujuannya, agar program vaksinasi terus dilakukan sekalipun kita sedang mengalami hambatan kedaruratan.

DPP PIKI mengajak BPOM, para ahli vaksin nasional, epidemiolog, pemerintah, dan masyarakat bersama-sama mendukung kelanjutan penelitian vaksin Nusantara dan Merah Putih agar jika kriteria standar keamanan dan efikasi sudah dipenuhi, maka kedua vaksin ini dapat segera diproduksi guna memenuhi kebutuhan mendesak vaksinasi Covid-19 bagi semua rakyat Indonesia agar memenuhi kualifikasi teknis medis.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru