24 C
Manado
Minggu, 25 Oktober 2020

Dorong Penguatan UMKM di Sektor Pariwisata

MANADOPOST.ID—Dorong penguatan usaha mikro atau UMKM di sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di tengah pandemi. Hal ini diucapkan Menparekraf/Kepala Baparekraf Wishnutama Kusubandio menekankan pentingnya kebijakan strategis bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Khususnya dalam upaya memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akibat pandemi Covid-19.

Wishnutama mengatakan hal ini saat menghadiri pertemuan Luar Biasa Menteri Pariwisata Negara G20 yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (7/10). Dia mengatakan, Indonesia selalu melihat pentingnya kebijakan strategis terhadap upaya peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Sejarah mencatat, dalam situasi krisis seperti sekarang akibat pandemi Covid-19, pelaku UMKM justru hadir menjadi tulang punggung ketahanan ekonomi. Ia pun mendorong agar penguatan pelaku UMKM menjadi strategi bersama negara-negara G20 dalam meningkatkan kembali sektor pariwisata,” kata dia.

Dia yakin, strategi itu akan memperkuat pendekatan kita terhadap penciptaan solusi yang inklusif di negara-negara berkembang maupun negara yang bergantung pada perjalanan wisata. Indonesia, dia menegaskan, menyerukan untuk terus membangun kepercayaan strategis dan kepercayaan bersama di antara negara-negara G20 melalui dialog yang berkelanjutan,. “Kerja sama yang saling menguntungkan, dan langkah-langkah membangun kepercayaan di kalangan masyarakat terhadap sektor pariwisata,” sebutnya,

Pertemuan para menteri hari ini, lanjut Wishnutama, hanyalah salah satu bukti kuat dari tekad kami untuk terus bekerja sama dalam menangani pandemi Covid-19 ini. “Memastikan bahwa sektor pariwisata tidak hanya akan pulih dengan cepat, tetapi lebih penting lagi, juga akan pulih menuju industri yang lebih tangguh dan berkelanjutan,” kata Wishnutama.

Indonesia juga telah menginisiasi resolusi tahun internasional ekonomi kreatif 2021 yang kemudian diadopsi secara luas oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan tajuk ‘International Year on Creative Economy for Sustainable Development 2021’. Resolusi ini menekankan peran penting ekonomi kreatif dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030.

“Dalam semangat merayakan resolusi tersebut, saya mengundang seluruh negara G20 untuk menghadiri World Conference on Creative Economy (WCCE) di Indonesia yang akan diselenggarakan di Bali pada Mei 2021,” kata Wishnutama.

Terakhir, ia menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada pemerintah Kerajaan Arab Saudi sebagai Ketua Forum G20 Tahun 2020.

“Kita memiliki tantangan dan peluang yang besar di saat yang sama. Keharusan bagi kita semua anggota G20 untuk memperkuat kerja sama dan kolaborasi. Mari kita bekerja sama bergandengan tangan menjadikan sektor pariwisata yang lebih baik, kuat, dan berkelanjutan di masa depan,” pungkas Wishnutama. (*)

-

Artikel Terbaru

Ibadah Sabat di GMAHK Tompaso, Hamba Tuhan Doakan VAP Jadi Gubernur Sulut

Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP), Sabtu (24/10) beribadah Sabat di Gereja Advent Hari Ke Tujuh (GMAHK) Jemaat Pioner Kamanga, Tompaso, Minahasa.

SGR-NAP Nomor Satu di Minut, Pemimpin Tanah Tonsea 2021

Calon Bupati Shintia Gelly Rumumpe dan Calon Wakil Bupati Netty Agnes Pantouw (SGR - NAP) nomor satu di Minahasa Utara (Minut).

Avanza Terbalik di Turunan Senduk, Penumpang Ada Anak Kecil dan Lansia

Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di Jalan Trans Sulawesi tepatnya di Desa Senduk, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Sabtu malam (24/10).

Massa Membludak, WL Tunda Kampanye Dialogis di Tara-Tara

Tahapan kampanye calon peserta pilkada sementara berlangsung. Termasuk para pasangan calon di Pilwako Tomohon. Ketatnya aturan kampanye untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 membuat paslon ikut hati-hati menggelar tahapan ini.