31C
Manado
Sabtu, 27 Februari 2021

5.000 Wartawan Dapat Jatah Vaksin

MANADOPOST.ID-Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan pemerintah sudah menyiapkan jatah vaksin Covid-19 untuk 5.000 wartawan di akhir Februari hingga awal Maret 2021.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Istana Negara, Jakarta pada Selasa, 9 Februari 2021. “Tadi saya sudah bisik-bisik ke Prof Nuh (Ketua Dewan Pers). Untuk awal nanti, di akhir bulan Februari sampai awal Maret, untuk awak media sudah kami siapkan kira-kira 5.000 orang, untuk bisa divaksin” ujar Jokowi seperti disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 9 Februari 2021.

“Nanti begitu keluar dari Bio Farma 12 juta (dosis), kita berikan 5.000 untuk awak media,” tuturnya.

PT Bio Farma (Persero) sejauh ini sudah mengolah bahan baku atau bulk vaksin Covid-19 produksi Sinovac, Cina menjadi 3 juta dosis vaksin siap pakai per 20 Januari 2021. Perusahaan negara itu mengejar target maksimal produksi, yaitu mencapai 12 juta dosis pada Februari 2021. Seluruh produksi ini menggunakan 15 juta bahan baku vaksin yang sudah masuk sejak pertengahan Januari lalu.

Saat pandemi ini, kata Jokowi, insan pers tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk mengabarkan setiap perkembangan situasi dan menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, menjaga optimisme serta menjaga harapan. Sehingga, wartawan dinilai menjadi salah satu pelayan publik yang patut mendapat prioritas vaksin Covid-19.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh insan pers karena membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar dan tepat,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, sudah disampaikan Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo, pemerintah berkomitmen memberikan prioritas vaksinasi COVID-19 secara massal kepada wartawan Indonesia pada minggu ketiga Februari 2021. “Kabar gembira, kami baru saja mendapat konfirmasi dari Menkes bahwa pemerintah komitmen vaksinasi massal,” katanya.

Di sela acara Konvensi Media Massa Nasional sebagai rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) 2021 itu, Agus mengumumkan kabar gembira bahwa Menteri Kesehatan telah memberikan komitmen vaksinasi massal para wartawan Indonesia.

Dalam acara yang juga dilakukan secara daring melibatkan ratusan insan pers dari berbagai daerah di Indonesia itu, ia menyebutkan bahwa prioritas itu diberikan karena wartawan banyak yang bekerja secara fisik di luar dan memiliki risiko tinggi terpapar. Sebelumnya, dalam acara konvensi sempat disinggung bahwa dalam situasi pandemi, ada yang menilai wartawan tidak termasuk kelompok rawan karena bisa melakukan tugas secara dari rumah.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh menyatakan, esensi dari kehadiran pers yakni mesti mampu menjahit seluruh kekuatan bangsa. Sehingga, ibarat baju maka bisa menjadi pakaian yang enak dipandang dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi rakyat Indonesia.

“Kita harus terus-menerus membangun kebersamaan kita, esensi kawan-kawan pers itu adalah menjahit, bukan untuk ‘memerotoli’, tetapi menjahit seluruh kekuatan bangsa ini sehingga menjadi baju yang enak dipandang dan memberikan manfaat,” kata Mohammad Nuh itu dalam Webinar Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Jakarta.

Tetapi, lanjut M Nuh, kalau yang dijahit hanya sebagian saja walaupun dengan bahan yang berkualitas tentunya tidak akan bisa memberikan manfaat. “Oleh karena itu kita harus terus menjahit potensi kekuatan bangsa ini, untuk tujuan-tujuan kebangsaan kita, tujuan-tujuan kenegaraan kita,” kata dia.

M Nuh pun menuturkan, semuanya tentu memahami fenomena kemestian di era digital, yang menurut dia media digital dan konvensional tidak perlu dipertentangkan. Dia menilai yang terpenting saat ini adalah soal sinergi dan konvergensi. “Karena pada akhirnya itu kesahihan dari berita itu, ketepatan dari informasi itu dan kecepatan menjadi esensinya, maka apa yang kita gagas hari ini di dalam HPN 2021 jurnalisme yang berkualitas ini sungguh jalan yang benar,” kata dia.(tmp/jpc/gnr)

Artikel Terbaru

JG Siapkan Pergeseran Anggaran

Kapolda-Danrem Kunjungi Talaud