alexametrics
31.4 C
Manado
Sabtu, 23 Oktober 2021
spot_img

Airlangga Hartarto Optimis Indonesia jadi Negara Maju di 2045

JAKARTA— Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, mengatakan partainya telah memiliki Visi Negara Kesejahteraan 2045. Karena itu, Partai Golkar meyakini Indonesia akan menjadi negara maju dan sejajar dengan negara ekonomi besar lainnya di dunia.

“Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, membuat kita harus melakukan restarting dan rebooting tentang skenario kita untuk mewujudkan visi 2045 tersebut. Berbagai upaya dan kerja keras telah dilakukan pemerintah dan seluruh komponen bangsa untuk menekan penularan Covid-19 disertai dengan langkah-langkah untuk mengatasi dampak sosial- ekonomi dari yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19,” kata Airlangga, dalam pidato kebangsaan “DEMOKRASI, KEBANGSAAN

DAN KESEJAHTERAAN”, menjelang HUT CSIS ke-50, Selasa (10/8).

Menko Perekonomian RI ini melanjutkan, Partai Golkar sebagai salah satu partai politik yang menjadi pilar demokrasi, selalu berkomitmen untuk menjaga dan mempertahankan demokrasi di Tanah Air. “Dengan berdemokrasi, kita dapat mengelola keragaman kehendak, keinginan dan aspirasi masyarakat Indonesia yang majemuk dan plural ini. Dengan begitu, demokrasi yang kita praktekkan saat ini justru harus memperkuat bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini,” tuturnya.

Sementara, dalam hal kebebasan sipil, Airlangga mengajak masyarakat harus terus meningkatkan penghormatan atas kemajemukan, meningkatkantoleransi dalam kehidupan beragama, dan penghargaan terhadap HAM. Partai Golkar katanya, berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kualitas demokrasi yang ditunjukan dengan berbagai kebijakan dan program partai yang lebih terbuka, responsif dan demokratis.

“Peningkatan kualitas kader partai ini, salah satunya dengan menyelenggarakan pendidikan politik dengan materi tentang kepemimpinan; geopolitik; sistem politik dan pemerintahan; kebijakan publik yang meliputi perumusan kebijakan publik, sistem pengganggaran hingga evidence based policy; pendidikan anti korupsi serta kemampuan komunikasi publik agar setiap kebijakan dapat bermanfaat dan diterima masyarakat secara luas,” bebernya.

Partai Golkar juga tambahnya, telah mendirikan GOLKAR INSTITUTE yang sebagai ikhtiar untuk meningkatkan kualitas kader dengan tiga pilar kemampuan, yaitu ekonomi, politik dan kepemimpinan.

Untuk menghadapi Indonesia tahun 2045 ke depan, lanjutnya harus menghadapi berbagai tantangan atau mega trend untuk mewujudkan kesejahteraan, antara lain: perubahan iklim dan menipisnya sumber daya, perkembangan demografi (dan aging), urbanisasi, inovasi teknologi (digital) dan revolusi industri 4.0; dan kesempatan dan ketimpangan (ekonomi dan akses).

Airlangga membeber apa yang harus dikerjakan dari mulai sekarang untuk 2045 nanti. Pertama, pembangunan manusia dan penguasaan teknologi. Kedua, pembangunan ekonomi yang berbasis kepada global value chain, peningkatan produktivitas, pengembangan blue economy, green economy dan circular economy yang mendorong pembangunan berkelanjutan secara inklusif.

“Ketiga, memperkuat ketahanan kohesi sosial dan tenun kebangsaan Indonesia.

Yang pertama kita harus memperkuat sumber daya manusia yang terampil, berkualitas, tangguh, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sertaberprestasi,” tuturnya.

Partai Golkar sangat optimis, Indonesia  mampu menjadi negara maju pada tahun 2045. “Kita harus merawat komitmen kita terhadap demokrasi sebagai jalan untuk memastikan tata kelola politik dan pemerintahan yang baik.Sistem politik yang demokratis menjadikan berbagai keragaman dan kemajemukan yang dimiliki bangsa kita akan lebih terkelola dengan baik sehingga dapat menghantarkan kita ke dalam visi bersama menuju Indonesia sejahtera pada tahun 2045,” tandasnya.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru