25.4 C
Manado
Sabtu, 31 Juli 2021

6 Rusun Bernilai 109,57 Miliar Digenjot

MANADOPOST.ID—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Penyedia Perumahan (BP2P) Sulawesi I menggenjot penyelesaian enam proyek rumah susun (Rusun) bernilai Rp 109,57 Miliar.

Diuraikan Kepala BP2P Hujurat Lohy, proyek rusun tersebut antara lain Pembangunan Rusun di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pelatihan Tenaga Kerja (BPTK) Kelas A Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Kota Bitung, dengan nilai kontrak Rp 12,4 miliar, Rusun Paramedis Rumah Sakit di Rorontalo Utara, dengan nilai Kontrak Rp 17,9 Miliar, Rusun Mahasiswa UNIMA Tondano bernilai Rp 14,6 Miliar, dan Rusun ASN Wilayah Sulawesi Utara dengan nilai kontrak Rp 42,29 Miliar.

Rusun 3 lantai yang diperuntukkan bagi paramedis di Rumah Sakit dr. Zainal Umar Sadiki di Gorontalo Utara ditargetkan penyelesainnya hingga Desember mendatang.

“Empat rusun ini merupakan proyek multiyears dari tahun 2020, dan target selesai tahun 2021,” ungkap Hujurat.  Sedangkan dua rusun lain, disebutkannya merupakan proyek pada tahun berjalan.

“Dua rusun lainnya merupakan proyek ditahun 2021, dan diupayakan untuk selesai pada akhir tahun ini sesuai masa kontraknya. Antara lain Pembangunan Rusun Korem 133/NW Kodam XIII Merdeka dan Rusun Pesantren Yayasan Miftahul Khoir Kabupaten Botim,” sebut Hujurat.

Adapun nilai kontrak masing-masing rusun tersebut yakni Rp 19,59 miliar untuk rusun Korem 133 dan Rp 2,97 miliar untuk rusun pesantren. Sehingga total proyek ke enam rusun tersebut bernilai Rp 109,57 miliar.
Dalam memacu penyelesaian proyek sesuai target pada masa kontrak, Hujurat mengutarakan beberapa langkah yang telah dilakukan BP2P, antara lain dengan monitoring yang dilakukan secara kontinyu.

“Kita juga melibatkan pihak kejaksaan dalam pengawasan proyek strategis, serta memacu progres di lapangan dengan tidak melupakan mutu dan kualitas dari pekerjaan tersebut. Harapannya semua target dapat selesai tepat waktu, terutama proyek yang multiyers dari tahun 2020,” tutup Hujurat. (Desmianti Babo)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru