22.4 C
Manado
Rabu, 23 Juni 2021
spot_img

Satu Anggota KKB Tewas, Jubir TPNPB-OPM: Kami Juga Tembak Beberapa TNI-Polri

MANADOPOST.ID— Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom membenarkan bahwa satu anggotanya tewas tertembak. Penembakan dilakukan TNI-Polri saat anggota tersebut melakukan pemantauan. ”Tertembak sniper,” katanya.

Namun, TPNPB-OPM membantah kemungkinan bahwa Lesmin Waker tertembak. ”Yang tertembak hanya anggotanya. Lesmin tidak tertembak,” paparnya kepada Jawa Pos.

Sebby Sambom

Menurut Sebby, baku tembak itu terjadi selama beberapa jam. TNI dan Polri melakukan serangan juga menggunakan helikopter dan menjatuhkan bahan peledak. ”Baku tembak terjadi pagi sampai siang,” ujarnya.

Sebby mengklaim bahwa anggota TPNPB-OPM menembak beberapa anggota TNI dan Polri. Namun, masih dilakukan upaya untuk memastikannya. ”Kami juga menembak beberapa,” klaimnya.

Dua orang yang diduga anggota KKB naik ke puing pesawat sambil menunjukkan senjatanya. (SEBBY SEMBOM FOR CEPOS)

Sementara itu, Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Lesmin Waker, ternyata berhasil selamat saat kontak tembak di Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (13/5) lalu. Sebelumnya, Lesmin dikabarkan ditembak mati aparat gabungan TNI-Polri dalam insiden itu.

Ternyata, yang tewas ditembak Satgas Nemangkawi bukan Lesmin, tapi Wandis Enimbo. Pria 29 tahun tersebut merupakan ajudan pribadi Lesmin Waker.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombespol M. Iqbal Alqudusy menjelaskan, setelah baku tembak pada Kamis (13/5) itu, dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan identifikasi terhadap jenazah. Hasilnya, diketahui, jenazah merupakan Wandis alias Endis. ”Selanjutnya, dilakukan evakuasi terhadap jenazah,” ujarnya kemarin (15/5).

Identifikasi itu dilakukan dengan mencocokkan sidik jari, wajah, dan baju yang dikenakan. Bahkan, petugas juga mengambil keterangan dari sejumlah orang yang mengenal jenazah. ”Dari keterangan saksi juga dipastikan, jenazah ini ajudan dari teroris Lesmin Waker,” terangnya.

Dengan posisi sebagai ajudan, dapat dipastikan, anggota KKB yang tertembak itu selalu berdekatan dengan Lesmin. Diduga, Lesmin ikut tertembak dalam kejadian tersebut, tapi belum bisa dipastikan kondisinya. ”Yang bisa dipastikan masih ajudannya,” ucap dia.(jawapos)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru