30 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Berwisata Aman #DiIndonesiaAja: Menikmati Pesona Pulau Belitung

MANADOPOST.ID—Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk berwisata di tengah adaptasi kebiasaan baru atau AKB. Berwisata di Indonesia saja. Apalagi Indonesia juga memiliki lokasi wisata yang tak kalah bagus untuk dikunjungi wisatawan domestik dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Seperti di Pulau Belitung. Negeri Laskar Pelangi.

Berada di pantai timur Sumatera, Pulau Belitung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung cuma berjarak sekira 45 menit menggunakan pesawat dari Jakarta. Begitu tiba di Bandara Tanjung Pandan, vibes kepulauan dengan pantai eksotis langsung berasa.

Salah satu destinasi wisata di Belitung yang wajib dikunjungi adalah Pantai Tanjung Kelayang. Sekira 15 menit dari pusat kota, Pantai Tanjung Kelayang menyajikan pesona pantai yang luar biasa.

Memiliki pasir putih bersih, pantai yang dihiasi laut berwarna hijau toska ini menyediakan berbagai spot untuk berselfie ria. Mau ngopi-ngopi dan nongkrong pun bisa. Terdapat kios-kios UMKM yang menyediakan sajian jajanan pasar dan makanan khas Belitung.

Pantai Tanjung Kelayang juga memiliki pelabuhan yang menyediakan transportasi kapal menuju pulau-pulau di perairan pantai Belitung. Salah satu yang menjadi primadona adalah Pulau Lengkuas.

Biaya yang diperlukan untuk menyebrang ke Pulau Lengkuas dari Tanjung Kelayang cukup terjangkau. Untuk 10 pax, hanya merogoh kocek Rp 500 ribu satu kapal untuk pergi dan pulang. Jadi, cukup Rp 50 ribu per orang sudah bisa berkunjung dan selfie-selfie di Pulau Lengkuas.

Pulau Lengkuas adalah pulau yang berjarak sekira 45 menit dari Pantai Tanjung Kelayang. Di pulau ini terdapat gugusan batu granit yang dikenal dengan Pulau Laskar Pelangi. Spot batu granit ini menjadi favorit bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen di pulau ini.

Selain itu, di Pulau Lengkuas ada sebuah bangunan mercusuar yang menjadi pemandu kapal yang ingin berlabuh di wilayah perairan Belitung. Mercusuar yang dibangun oleh Belanda sekira tahun 1800-an dan memilki 18 lantai dengan tinggi 50 meter.

Di samping pesona pantai, dan keindahan batu granit Laskar Pelangi, kecantikan biota laut Pulau Belitung juga tidak bisa dilewatkan. Snorkeling di taman laut Belitung bisa jadi salah satu opsi setelah explore Pulau Lengkuas. Lokasi taman laut ini hanya berjarak sekira 20 menit dari Pulau Lengkuas. Biayanya sangat terjangkau, hanya Rp 25 ribu untuk satu alat snorkeling sudah bisa melihat keindahan biota laut Belitung.

Setelah berkeliling menikmati wisata bahari Kabupaten Belitung, tak ada salahnya menikmati kulinernya. Di Belitung terkenal dengan hasil laut yang  segar. Kuliner ikan bakar dan berbagai jenis seafood lain menjadi ‘menu’ utama. Namun, makanan khas lain juga tak kalah nikmat. Ada Mie Atep Belitung, mie rebus dengan kuah gurih khas Belitung.

Untuk penginapan, tak perlu khawatir. Di Belitung terdapat beragam hotel budget dengan harga yang sangat terjangkau. Atau jika ingin sekalian staycation, maka hotel dan resort berbintang juga bisa jadi pilihan,

Nah, seru kan berwisata di Belitung. Dari pada melakukan perjalanan wisata di luar negeri, apalagi di tengah pandeimi, lebih baik berwisata aman #DiIndonesiaAja. Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menjamin kenyamanan berwisata di kala pandemi. Yaitu dengan melakukan sertifikasi CHSE atau Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability.

Sertifikasi CHSE dilakukan untuk semua stakeholder pariwisata yang sudah akan membuka kembali layanan wisatanya. Sertifikasi yang tidak dipungut biaya ini memberikan rasa aman kepada wisatawan. Sertifikasi ini akan diberikan selain kepada perhotelan juga industri kuliner dan UMKM sektor pariwisata. Jadi, ayo berwisata aman di Indonesia aja! (*)

-

Artikel Terbaru

Desa Wisata Candirejo Borobudur Tawarkan Sensasi Budaya Jawa

Salah satu desa wisata tradisional yang terkenal #DiIndonesiaAja adalah Desa Penglipuran, Bali. Nah, selain itu, masih banyak desa wisata tradisional lain, termasuk yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Bajeto 341 Lingkungan Solid Menangkan JGE-VB

Kekuatan pendukung dan simpatisan Pasangan Calon (Paslon) Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker, (JGE-VB) kian hari terus bertambah.

Pilih Mor, Rekaman Bersama Enda Ungu

Personel Band Ungu Franco Medjaya Kusumah atau akrab disapa Enda, menunjukkan keseriusannya memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP).

VAP – HR Merajai Pelosok Sulut

Sosok calon Gubernur Sulut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh yang selalu peduli masyarakat kecil, terus dicintai warga hingga di daerah pelosok di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

Perhatian-perhatian! Pintu Teater Dibuka 5 Desember

"Perhatian-perhatian. Pintu teater telah dibuka. Bagi Anda yang telah memiliki karcis dipersilahkan untuk memasuki ruangan teater…” Rindu dengar kalimat tersebut? Sebentar lagi rindu anda terobati.