alexametrics
28.4 C
Manado
Rabu, 8 Desember 2021
spot_img

Survei SMRC: Kinerja Pemerintah Meningkatkan Pemerataan Makin Buruk

MANADOPOST.ID – Evaluasi publik atas kinerja pemerintah meningkatkan pemerataan makin buruk. Demikian salah satu temuan dalam survei nasional yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) SMRC bertajuk ‘Evaluasi Publik Nasional Dua Tahun Kinerja Presiden Jokowi’ yang dirilis secara online di Jakarta pada 19 Oktober 2021.

Survei opini publik ini digelar pada 15 – 21 September 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. Sampel sebanyak 1220 responden dipilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 981 atau 80 persen. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, dalam presentasinya menunjukkan bahwa pada September 2021, yang menyatakan pemerintah makin buruk dalam upaya pemerataan kesejahteraan warga dibanding tahun lalu sebanyak 39 persen, naik tajam dari 13 persen pada survei April 2019.

Sebaliknya, kata Abbas, yang menilai kinerja pemerintah di sektor ini semakin baik turun dari 45 persen menjadi 31 persen pada pada periode yang sama. Yang menyatakan tidak ada perubahan turun dari 36% menjadi 25% juga pada waktu yang sama.

“Memang penilaian negatif dari Maret 2021 hingga September 2021 terlihat mulai menurun, tapi belum kembali ke posisi normal sebelum Covid-19,” terang Abbas. (*)

spot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru