26.4 C
Manado
Sabtu, 24 Juli 2021

Bisa Tingkatkan Ekonomi Rakyat, Bagi Desa yang Mau Ikut Anugerah Desa Wisata Indonesia, Ini Tahapannya!

MANADOPOST.ID — Salah satu cara memulihkan ekonomi pasca pandemi, khususnya di sektor pariwisata adalah dengan mengembangkan desa wisata. Untuk lebih menggenjot program pembentukan desa wisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonom Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Ini informasi, syarat dan tahapan ADWI 2021.

Desa wisata bisa membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui desa wisata. Calon desa pendaftar juga tidak hanya bagi desa yang baru, melainkan desa wisata rintisan, berkembang dan maju yang belum mendaftarkan desanya juga bisa mengikuti program ini.

Berikutnya diharapkan target tahun 2021 dengan adanya “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” Kemenparekraf dapat mencatat setidaknya lebih dari 700 desa wisata yang masuk ke dalam data Desa Wisata Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno berharap, ADWI dapat menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

“Serta mendorong daerah untuk dapat menciptakan desa wisata baru di wilayahnya yang dapat membangkitkan ekonomi desa,” ucap Sandiaga.

Dia menargetkan, desa wisata akan bertransformasi menjadi pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat. “Meningkatkan pengembangan desa wisata baru dan memberikan suguhan menarik kepada wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestic,” sebutnya.

ADWI sendiri akan mengusung tujuh kategori penilaian bagi desa wisata pendaftar, di antaranya: CHSE, desa digital, souvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay dan toilet. Di mana kategori tersebut diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas yang dapat diikuti oleh semua desa di Indonesia.

Sementara, tahapan pelaksanaan kegiatan ADWI yaitu promosi dilakukan 30 April hingga 25 Juni, registrasi online 7 Mei hingga 26 Juni, kurasi 28 Juni sampai 2 Juli, pembekelan 5-16 Juli dan penentuan 50 desa terbaik 16 hingga 20 Agustus (dewan juri akan menentukan 500 desa sebagai nominasi, dan akan dipilih 50 desa terbaik, yang nantinya akan dilakukan visitasi/verifikasi oleh Menparekraf dan perwakilan dari dewan juri).

Visit desa terbaik dari 23 Agustus hingga 12 November. Saat visit, masing masing dari 50 desa akan mempresentasikan keunggulan desa masing-maisng sesuai dengan kategori penilaian dan akan dilakulan penilaian langsung oleh Menparekraf dan Perwakilan Juri. Terakhir, rangkaian penentian 10 besar, 4 besar hingga juara akan dilakukan dari 15 November hingga malam puncak, 7 Desember. Pengumuman 4 desa terbaik dan 1 desa terfavorit akan diumumkan di acara tersebut.

“Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 mengangkat tema Indonesia Bangkit yang diharapkan dapat mendorong semua pelaku wisata dan industri kreatif mampu meningkatkan perekonomian dan kapasitas masyarakat lokal,” pungkas Sandiaga. (fgn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru