28.4 C
Manado
Sabtu, 24 Juli 2021

Puan Minta Pemerintah Buka Strategi Penanganan Covid-19

MANADOPOST.ID – Pemerintah Indonesia, saat ini terus berinovasi dalam melakukan penanganan pandemik Covid-19 yang kembali merebak dalam beberapa pekan terakhir. Bahkan semua kabinet kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dituntut menyiapkan strategi untuk menerangi pandemik Covid-19.

Namun kali ini secara blak-blakan, Ketua DPR RI Puan Maharani, yang saat ini juga dijagokan sebagai Calon Presiden Republik Indonesia 2024 mendatang, meminta pemerintah untuk buka suara terkait strategi penanganan Covid-19 di Indonesia. Dirinya meminta kepada Presiden Jokowi untuk segera menyampaikan strategi akhir dalam menangani pandemik Covid-19.

“Pemerintah lebih terbuka lagi mengungkap strategi akhir (exit strategy) pandemik Covid-19 di Indonesia beserta peta jalan yang akan ditempuh. Bahkan semua jajaran kabinet harus bisa terbuka apa yang akan dilakukan, untuk penanganan Covid-19. Entah pemulihan ekonomi, kesejahteraan masyarakat hingga kebijakan kedepan bisa untuk lebih terbuka. Ungkap saja, agar rakyat tahu apa yang akan dilakukan. Kita lihat bagaimana dukungan rakyat,” ungkap Puan, dalam keterangan resmi.

Tak hanya itu, Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga meminta pejabat publik dan pemangku kebijakan terkait di daerah, untuk memahami masalah dan memberikan solusi yang dialami oleh masyarakat. Utamanya menurut Puan, bagi yang terdampak PPKM Darurat khususnya dari kalangan tidak mampu. “Tidak semua orang punya tabungan atau sumber-sumber penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan minimal mereka sehari-hari bila tak ada kebijakan nyata dari pemerintah dan uluran tangan banyak pihak,” jelas Puan.

Oleh sebab itu, Puan Maharani meyakini bahwa dengan pejabat memahami masalah yang dihadapi warganya. Maka program pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 bisa berjalan dengan lebih baik ke depannya. “Kepercayaan rakyat harus terus dijaga lewat beragam cara. Jangan sampai rakyat berputus asa dan menganggap negara tidak ada atau abai. Ketika rakyat percaya, apapun program pemerintah akan otomatis didukung juga,” pungkas Puan. (ewa)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru