25 C
Manado
Selasa, 1 Desember 2020

Khawatir Kasus Covid-19 Meningkat, Kemenkes Instruksikan Daerah Bersiap Hadapi Libur Panjang

JAKARTA- Libur panjang di akhir bulan ini dikhawatirkan akan meningkatkan kasus Covid-19. Sebab bisa jadi ada mobilitas masyarakat yang cukup besar pada saat itu.

Sekjen Kementerian Kesehatan Oscar Primadi menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan di daerah. Menurut Oscar, fasilitas kesehatan harus diperhatikan. Sehingga menjaga agar tidak ada penumpukan pasien Covid-19 di rumah sakit. ”Mereka yang positif dengan gejala ringan akan diisolasi mandiri di hotel atau rumah-rumah,” tuturnya kemarin (21/10).

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) pun harus stanby. Mereka yang bertugas untuk melakukan tracing. Selain itu pemerintah juga telah memiliki digital tracing dengan aplikasi Peduli Lindungi yang dapat digunakan di handphone. ”Masyarakat bisa mengunduh aplikasi itu. Ini untuk melindungi orang-orang dekat kita,” ungkapnya.

Selain pulang kampung, aktivitas libur panjang yang sering dilakukan adalah piknik. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengimbau masyarakat yang hendak berlibur saat libur nasional dan cuti bersama untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Tujuannya agar tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19. ”Saya harapkan semua stakeholder dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat yang ingin berlibur dapat melaksanakan protokol kesehatan dengan penuh kedisiplinan,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengingatkan jajarannya agar mengantisipasi peningkatan laju penularan pandemi pada masa libur tersebut. Dia tak ingin ada kenaikan kasus seperti pada libur panjang sebelumnya. Jokowi berharap agar ada perbaikan dalam penanganan Covid-19 sehingga tren penyebaran kasus semakin turun. (lyn/jpg)

-

Artikel Terbaru

Mor-HJP Kantongi 126.124 Suara Kans Menang

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tetap Sapa Warga Walau Hujan, SGR Banjir Pujian

Calon Bupati Minut Shintia Gelly Rumumpe (SGR), Senin (30/11) menyapa masyarakat yang ada di Kecamatan Likupang Timur. Hujan tak menghalangi SGR bertemu warga. Begitu juga warga yang rela hujan-hujanan demi bertatap muka dengan calon nomor urut 1 itu.

Ingin Bertemu VAP, Ribuan Warga Kotamobagu, Boltim dan Bolmong Turun ke Jalan

Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP), dinilai sosok yang paling pantas dan tepat memimpin Sulawesi Utara (Sulut).

Ini Nih Tips Hadapi Aquaplaning saat Hujan

MANADOPOST.ID—Daihatsu bersama GT Radial kembali selenggarakan acara bertajuk Ngobrol Asik dengan konsep talkshow yang edukatif dan dapat dinikmati oleh Sahabat Daihatsu di seluruh Indonesia. Kali ini, Daihatsu membahas seputar tips teknik berkendara dalam mengantisipasi berbagai kondisi, khususnya saat musim penghujan dan menghadapi kondisi Aquaplaning.

Humiang Lantik Ketua dan Pengurus Karang Taruna 

Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi, melantik pengurus Karang Taruna Bitung masa bakti 2020-2025 di Lantai 4 Kantor Wali Kota Bitung, Senin (30/11).