Sabtu, 3 Juni 2023

Jokowi Resmikan Gedung PYCH Sebagai Wadah Kembangkan Potensi Anak Muda Papua

- Rabu, 22 Maret 2023 | 17:00 WIB
Presiden Joko Widodo resmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (Istimewa)
Presiden Joko Widodo resmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (Istimewa)

MANADOPOST.ID - Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang dibangun di Jayapura telah diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (21/3/2023) di Jayapura, Papua.

Pembangunan Gedung PYCH ini sebagai sarana dari pemerintah untuk memakmurkan masyarakat di Papua.

Dengan adanya gedung PYCH, dapat menjadi sebuah program untuk menjadi sarana pengembang segala potensi yang dimiliki anak - anak generasi muda di Bumi Cendrawasih.

Presiden menyatakan bahwa dirinya sangat kagum atas berbagai prestasi para pemuda Papua di PYCH.

"Saya sangat kaget bahwa semuanya ada di PYCH ini, mulai dari pembuatan handphone, laptop, podcast, studio musik, fotografi, dan juga memamerkan produk-produk yang ada di Tanah Papua dengan kemasan dan branding yang sangat bagus sekali. Kalau ini diteruskan, jangan-jangan anak muda di Provinsi lain ketinggalan dengan anak muda di Papua," tutur Presiden Jokowi.

Jokowi menambahkan bahwa pembangunan Indonesia sekarang bukan Jawasentris, tapi Indonesia Sentris dan Papua menjadi prioritas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan mengungkapkan, peresmian gedung tersebut merupakan bentuk komitmen Presiden membangun pusat talenta Papua sebagai motor penggerak ekonomi dan kesejahteraan Papua.

"PYCH harus jadi tonggak pemuda Papua.  Kami optimis PYCH hasilnya dapat mendunia dengan pengembangan SDM Pemuda Pemudi Papua. PYCH akan menciptakan lapangan pekerjaan pengembangan bisnis dan ekonomi serta seni budaya, dan lain-lain,"kata Kepala BIN.

Sebelumnya, Tokoh Pemuda Papua yang tergabung dalam PYCH, Vitha Faidiban mengatakan, pembangunan gedung ini akan membantu masyarakat Papua dalam mengembangkan minat dan bakat masyarakat Papua guna meningkatkan potensi SDM Papua.

“Ini gedung sangat luar biasa dan membantu kami anak muda Papua untuk berkreasi, berinovasi, membuat karya-karya dan melakulan segala hal yang bisa kita lakukan untuk kebaikan masyarakat Tanah Papua,” kata Vitha Faidiban.

Menjurut Vitha, pembangunan gedung ini merupakan satu dari sekian banyak fasilitas yang diberikan kepada anak muda Papua dan masyarakat Papua oleh Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Budi Gunawan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Kepala BIN, Pak Budi Gunawan, atas kebaikan dan cintanya untuk Tanah Papua, sehingga kami diberikan kesempatan menempati gedung ini, untuk bisa berinovasi, memberikan karya terbaik bagi Tanah Papua dan untuk Indonesia," ujar Vitha. (*)

Editor: Kenjiro Tanos

Tags

Terkini

X