23 C
Manado
Selasa, 27 Oktober 2020

Ibu Hamil Penderita Covid-19 Melahirkan Bayi Sehat di RS Rujukan Siloam Kelapa Dua

MANADOPOST.ID- Seorang ibu hamil positif Coronavirus (Covid-19), Nyonya E.F, melahirkan bayi laki-laki sehat Selasa (28/4) di RS Siloam Kelapa Dua melalui proses sectio caesarea (SC). Bayi lahir pukul 14.28 WIB dengan panjang 47 cm, lingkar kepala 33 cm, dan berat lahir 2880 gram.

Ucapan syukur dan sukacita terucap dari kedua orang tua atas kelahiran bayi tersebut. “Kami sangat bersyukur dan bahagia atas lancarnya tindakan kelahiran putra kami. Terima kasih kami ucapkan, kepada dokter, perawat, dan tim medis yang setia menemani kami pada masa sulit dan berat seperti ini. Semua hal tersebut sangatlah berarti,” tutur keluarga sang bayi.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Siloam Kelapa Dua dr Jacobus Jeno Wibisono Sp.OG memimpin proses operasi SC bersama dokter spesialis anak dr Angelina Sp.A dan dokter spesialis anestesi dr Ronald Christian Agustinus Aritonang Sp.An.

“Kami menerapkan protokol yang ketat untuk operasi SC pasien terkonfirmasi Covid-19. Tindakan dilakukan di kamar operasi dengan tekanan negatif dengan jumlah petugas di kamar operasi seminimal mungkin yang seluruhnya menggunakan alat pelindung diri (APD) level 3 sesuai prosedur yang berlaku. Selain itu, pasca operasi ruangan juga dibersihkan secara menyeluruh sesuai standar,” ujar dr Jacobus Jeno Wibisono Sp.OG.

Kondisi kesehatan ibu dan bayi saat ini stabil. “Ibu dan bayi dirawat di ruangan yang terpisah sehingga bayi tidak disusui langsung oleh ibunya, namun dengan ASI perah. Kami akan terus memantau perkembangan kondisi bayi dan memperhatikan dengan seksama apabila ada gejala yang muncul. Proses swab-PCR test untuk bayi sedang segera dipersiapkan untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatannya,” tambah dr Angelina Sp.A.

Sementara Direktur RS Siloam Kelapa Dua mengatakan, semua perawat, dokter dan staf medis senang semua.  “Semua mengikuti dan mendoakan. Inilah yang namanya bersukacita, bisa memberi terbaik pada saat proses yang kurang nyaman. Kita salut pada tim medis yang tekad menolong Nyonya E.F. ini. Dan kita akan terus pantau dan rawat bayi ini,” tukasnya.(*)

-

Artikel Terbaru

Silangen Dilantik, MJP Tantang Tetap Kritis pada Pemprov

Ketua DPRD Provinsi Sulut dr Fransiscus Andi Silangen sah dilantik, kemarin. Banyak ucapan dan harapan mengalir dari rekan sekerjanya di DPRD Sulut. Salah satunya dari personel Komisi IV DPRD Sulut Melky J Pangemanan (MJP).

Taati Protokol Kesehatan saat Berlibur, Clay: Harus Disiplin dan Peduli

Akhir pekan ini, bakal ada libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad, 28-30 Oktober. Momen liburan panjang seperti ini biasanya dimanfaatkan untuk liburan. Mengingat pandemic Covid-19 belum berlalu, Pjs Bupati Clay JH Dondokambey SSTP MAP pun meminta masyarakat Minahasa Utara yang hendak berlibur, agar menerapkan protokol kesehatan secara disiplin supaya tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Warga Bitung Siap Bawa Kemenangan untuk VAP-HR

Dukungan untuk calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mengalir. Warga dari segala penjuru Sulut tak henti menyatakan dukungan untuk paslon nomor urut dua yang diusung partai NasDem ini. Seperti terpantau Senin (26/10), saat VAP-HR menggelar kampanye terbatas di sejumlah lokasi di Bitung, antusias warga tak terbendung meski kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Keke Minahasa Lolos Pantukhir Seleksi WARA Tingkat Sulut

Mariska Onibala, berhasil lolos kegiatan penentuan terakhir (pantukhir) seleksi Penerimaan Bintara PK (WARA) Wanita Angkatan Udara Gelombang II TA 2020, di Balai Prajurit Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Manado, Sulut, Senin (26/10).

Nostalgia di Persekolahan Advent Unklab, Clay: Saya Jualan Roti

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minut Clay June Dondokambey SSTP MAP, Senin (26/10) diundang ke talkshow Unklab Adventist Laboratory School. Kepala Biro Umum Pemprov Sulut ini pun diajak bernostalgia di Persekolahan Advent Unklab.