alexametrics
28.4 C
Manado
Jumat, 17 September 2021
spot_img

Ekonomi Kreatif, Kekuatan Masa Depan Indonesia

MANADOPOST.ID—Di era pandemi, salah satu pendorong keberlangsungan roda ekonomi adalah dari sektor kreatif dan UMKM. Karenanya, dukungan akan potensi industri kreatif di Indonesia perlu didukung. Salah satunya dengan gerakan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 yang merupakan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai sebuah wadah untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat mengangkat potensi industri kreatif.

Dengan mengangkat tema ‘Produk Indonesia Untuk Ekonomi Kuat’, rangkaian acara akan berlangsung hingga akhir tahun. Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 diawali dengan launching yang dihadiri sejumlah pegiat industri kreatif di Indonesia.

“Dengan adanya ajang AKI 2021 diharapkan dapat memberi kesempatan bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan pengetahuan dengan pelatihan kewirausahaan dan mentoring sehingga  bisa mengangkat kembali potensi, semangat, dan pendapatan pelaku di industri kreatif khususnya di subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, aplikasi, permainan, film, dan animasi,” kata Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno di sela launching AKI di Balairung, Gedung Sapta Pesona, Jumat (28/5).

Dia menjelaskan, industri kreatif menjadi salah satu sektor yang jatuh karena efek pandemi covid-19. “Sehingga nantinya, AKI ini dapat meningkatkan daya saing, menghasilkan produk yang siap berkompetisi di pasar produk kreatif baik skala nasional maupun internasional, meneguhkan Ekonomi Kreatif sebagai tiang penopang ekonomi Indonesia, serta dapat mewujudkan kebangkitan ekonomi Indonesia di masa pemulihan pandemi covid-19,” ungkap Sandiaga Uno.

Perhelatan AKI 2021 merupakan sebuah acara yang menggabungkan kekuatan media sosial dan mainstream diisi dengan atraksi budaya serta penampilan musik. Dikemas secara modern dan akan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Acara dipandu oleh host Nycta Gina dan Beddu, serta penampilan dari pengisi acaranya di antaranya Naura, Novia Bachmid, dan Fitri Karlina. Kegiatan juga dihadiri secara offline oleh pejabat teras Kemenparekraf dan pelaku industri kreatif dan UMKM yang dilakukan tes swab antigen. Selain itu dihadiri juga secara online oleh kepala daerah dan kepala dinas seluruh Indonesia melalui Zoom.

AKI 2021 yang dilaunching Jumat (28/5) akan dimulai dengan registrasi hingga 29 Juli. Kurasi akan dilakukan hingga 9 Juli dan eventnya akan dilangsungkan dari 4 Agustus hingga 4 Desember dan acara puncak pekan apresiasi dilangsungkan 7 Desember.(*)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru