28.6 C
Manado
Kamis, 13 Mei 2021
spot_img
spot_img

Tidak Bisa Mudik Lebaran, Berwisata Lokal Jadi Alternatif

MANADOPOST.ID—Pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudik untuk hari raya Idul Fitri nanti. Walaupun cuti bersama tidak dihilangkan, namun masyarakat diminta untuk tidak mudik agar bisa menekan penularan Covid-19. Berwisata Lokal pun jadi alternatif untuk menghabiskan liburan Lebaran tahun ini.

“Mengenai mudik kami di Kemenparekraf akan mendukung secara penuh keputusan pemerintah untuk melarang mudik di tahun 2021 dengan beberapa daptasi. Pada intinya Kemenparekraf akan memastikan secara tegas untuk menekan penularan Covid-19 dan vaksinasi serta mendukung larangan mudik,” tegas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat melakukan Press Briefing yang turut dihadiri Manado Post di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Senin (29/3) sore.

Namun, sebagai alternatif menghabiskan liburan, mantan Wagub DKI Jakarta ini memastikan, momen yang kerap ditangkap sebagai momentum mendulang peluang oleh sektor pariwisata ini tak akan terbuang sia-sia. “Imbauan, memilih destinasi personalize, customize dan localize (jarak dekat) dengan memperhatikan protokol kesehatan,” sebutnya.

Sebagai contoh, kata Sandiaga, yang harus tinggal di ibu kota, wisata Jakarta harus bersiap-siap. “(seperti) Kepulauan Seribu, kami lagi berdiskusi berdialog dengan rekan-rekan di Dinas Parekraf DKI Jakarta dengan Jakarta Experience Board untuk menggali potensi dan kolaborasi. Bagaimana Kepulauan Seribu jadi wisata strategis nasional. Gerbang utama wisatawan beradaptasi dengan protokol yang ketat dan disiplin. Tentunya ada pengembangan dari atraksi, amenitas dan aksesibilitas di Kepulauan Seribu,” sebut Sandiaga.

Dia pun tak menampik, larangan mudik ini ada dampak ke sektor pariwisata. “Namun,ini jadi langkah antisipatif sebagai bentuk program menekan penularan Covid-19. Penerapan larangan mudik ini tentu akan berdampak ebsar dalam industri pariwisata. Karena biasanya mudik ini dibarengi wisata-wisata di destinasi yang dekat atau dalam satu arah dengan tujuan mudik,” katanya.

Dia pun mendorong pelaku usaha Ekraf untuk tetap optimis karena bisa ada langkah adaptasi yang kita lakukan dalam mempercepat pelaksanaan vaksinasi. “Kami sudah mendorong vaksinasi kepada pelaku sektor Parekraf. Mudah-mudahan akan memulihkan kembali sektor ini,” pungkas Sandiaga. (*)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru