26.4 C
Manado
Sabtu, 24 Juli 2021

Kaget Wisma Atlet Hampir Penuh, Jokowi: Saya Gemetar dan Grogi

MANADOPOST.ID–Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sempat grogi dengan kondisi Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran yang hampir penuh. Hal itu terjadi pada 2020 silam.

Jokowi awalnya mengatakan angka bed occupancy rate (BOR) di Wisma Atlet mencapai 92 persen pada September 2020. Jokowi mendapat laporkan, lonjakan pasien di RS Wisma Atlet lantaran selalu menanyakan data dari Komandan Lapangan Wisma Atlet Letkol Laut M Arifin.

“Saya biasanya yang saya pakai itu patokan Wisma Atlet tiap Jam 22.00 WIB, Jam 00.00 WIB malam, saya selalu telepon Kolonel Arifin mengenai keterisian bed di Wisma Atlet,” ujar Jokowi di Munas Kadin yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (30/6).

Jokowi melanjutkan, dirinya semakin grogi lantaran pada September 2020 lalu bahwa BOR di Wisma Atlet sudah mencapai 90 persen. “Jadi pernah itu September angka BOR itu 92 persen. Saya betul-betul sudah gemetar dan grogi betul karena 92 persen,” katanya.

Jokowi mengatakan akhirnya ketakutannya tersebut teratasi, lantaran pada Mei 2021 jumlah pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet semakin berkurang jumlahnya menjadi 15 persen.

“Bisa turun bahkan di pertengahan 18 Mei itu mencapai 15 persen dari 92 persen turun menjadi 15 persen. Sudah senang sekali saat itu,” katanya.

Namun Jokowi mengatakan pada saat ini Indonesia kembali mendapatkan cobaan, karena terus meningkatnya angka penularan Covid-19 dan Wisma Atlet pun kembali hampir penuh oleh pasien.

“Tapi begitu ada liburan dan hari ini saya harus ngomong apa adanya angkanya sudah 90 persen. Inilah angka-angka yang harus saya sampaikan,” pungkasnya. (jawapos)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru