28.4 C
Manado
Jumat, 30 Juli 2021

Pendaftaran CASN Dibuka Hari Ini

MANADOPOST.ID- Kepastian soal pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) akhirnya disampaikan pemerintah. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan, pendafataran akan dimulai hari ini (30/6) hingga 21 Juli 2021 mendatang.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menyampaikan, pengumuman seleksi dilakukan hari ini. Artinya, otomasti pendaftaran seleksi juga ikut dibuka. “Sesuai perturan perundang-undangan, pendaftaran dibuka sekurang-kurangnya 3 minggu kalender,” ujarnya kemarin (29/8).

Tahun ini, ia memprediksi jumlah pendaftar akan kembali membludak. Diperkirakan bakal ada sekitar 5 juta orang yang mendaftar seleksi jadi abdi negara ini. Mengingat, formasi yang dibuka cukup banyak dan tak hanya mencakup calon pegawai negeri sipil (CPNS) saja. Tapi juga formasi untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Total formasi yang dibuka per 22 Juni 2021 adalah sebanyak 701.590. Jumlah ini terdiri dari 74.648 formasi untuk 56 instansi pusat, 626.942 formasi untuk 524 instansi daerah. Di mana, didalamnya termasuk 525.667 formasi untuk PPPK guru.

Nantinya, pendaftaran dilakukan melalui SSCASN. Ada tiga menu utama yang bisa dipilih, yamni pendaftaran CPNS, pendaftaran PPPK non guru, dan PPPK guru. Artinya, satu orang tak bisa memilih dua formasi.

Setelah masa pendaftaran rampung, seluruh instansi yang membuka formasi CASN akan melakukan seleksi administrasi pendaftar. Hasilnya, bakal diumumkan 28-29 Juli 2021.

Kemudian, peserta yang lolos akan mengikuti seleksi kemampuan dasar (SKD) yang rencananya digelar pada 25 Agustus-4 Oketober 2021. Setelahnya, langsung diikuti dengan seleksi kompetensi untuk PPPK non guru. “pengumuman SKD dilakukan pada 17-18 Oktober,” katanya.

Suharmen mengungkapkan, pada masa pandemi ini seleksi SKD akan berbeda dari sebelumnya. Pelaksanaan ujian hanya dilakukan tiga sesi per hari. Sebelumnya, pada kondisi normal, seleksi dilaksanakan sampai lima sesi per hari. “Tentu dengan protokol kesehatan yang ketat” sambungnya.

Selanjutnya, pada 19 Oktober-1 November 2021, peserta yang lolos SKD akan mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB). Di mana, hasil seleksi akan diumukan pada 18-19 Desember 2021.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga memastikan secara garis besar tidak ada perbedaan seleksi antara CPNS dan PPPK. Hanya saja, dari segi verifikasi administrasi calon PPPK Guru akan dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) secara langsung. Sebab, akan dicocokan dengan data yang ada di Dapodik.

“Tidak ada perbedaan pendaftaran. yang membedakan adalah dari sisi seleksi dan verifikasi administrasinya saja,” pungkasnya. (jawapos)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru