alexametrics
28.4 C
Manado
Rabu, 8 Desember 2021
spot_img

Pariwisata Siap Digenjot, Ekonomi Bisa Berputar Lagi

MANADOPOST.ID—Kegiatan pariwisata siap digerakan kembali di tengah persiapan memasuki new normal pasca pandemi Covid-19. Tujuannya, agar perekonomian bisa kembali berputar. Karena sejumlah sektor perekonomian khususnya UMKM bergantung dari pariwisata.

Hal ini ditekankan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama saat mendampingi Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam rangka kunjungan kerja dan rapat koordinasi sektor pariwisata dan investasi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (29/6) kemarin.

Wishnutama yang kerap disapa Mas Menteri ini menegaskan, pihaknya akan mendukung setiap kegiatan pariwisata yang akan mulai beroperasi tentunya dengan mengedepankan semua protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

Salah satu kegiatan yang bakal mulai bergeliat, yaitu pelaksanaan World Surf League (WSL) yang bakal digelar di Pulau Tabuhan pada 2021 atau mengikuti perkembangan dari pandemi Covid-19. Ajang selancar paling bergengsi di dunia itu bakal diikuti ratusan peselancar terbaik dari berbagai negara.

“Kami akan dukung total WSL di Banyuwangi, semua kebutuhan infrastruktur akan kami dukung. Ini kesempatan besar bagi pariwisata Indonesia dan Banyuwangi,” ujarnya dalam rapat koordinasi yang juga diikuti sejumlah petinggi BUMN dan start up di bidang traveling.

Menurut Wishnutama, membuka kembali pariwisata untuk wisatawan domestik akan mampu memulihkan aktivitas pariwisata yang kini lesu akibat hantaman pandemi Covid-19.

“Pada 2018 ada 8 juta wisatawan Indonesia ke luar negeri dengan spending USD 9 miliar. Artinya ini ada potensi besar wisatawan yang tadinya ke luar negeri, kini bisa ke dalam negeri sehingga pariwisata bisa bangkit. Daerah harus bisa menangkap peluang ini,” ujar Wishnutama.

Di sisi lain, Menko Luhut Binsar Panjaitan dalam arahannya menyebutkan, ekonomi harus digenjot. Termasuk melalui sektor pariwisata dan UMKM. Luhut pun mengajak semua lintas kementerian dan BUMN serta swasta untuk mengakselerasi berbagai pengembangan ekonomi di Indonesia. Secara khusus di Banyuwangi.

“Banyuwangi sudah sangat bagus, kepala daerahnya serius, mesti kita dukung bersama,” kata Luhut sembari mengajak daerah lain juga agar serius mempersiapkan pembukaan kembali sektor pariwisata dengan tentu mengedepankan protokol-protokol pencegahan penularan Covid-19. (fgn)

spot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru