25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Bupati Sangihe Terima Vaksin Covid-19

MANADOPOST.ID—Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan dimulai hari ini, Senin (1/2) di RSD Liun Kendage Tahuna. Sebagai simbolis program ini, ada 10 orang berasal dari unsur pejabat publik, termasuk Bupati Jabes Ezar Gaghana (JEG) menjadi penerima pertama vaksin sinovac ini.

Bupati JEG menjadi yang pertama disuntik vaksin dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman. “Tujuannya adalah memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman. Dan ini adalah salah satu upaya nyata yang dilakukan pemerintah untuk memutus rantai penularan Covid-19,” kata Gaghana saat pencanangan vaksinasi Covid-19 Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun 2021.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat dan provinsi dimana 2500 vaksin bisa tiba di Kabupaten Kepulauan Sangihe sehingga bisa dilaksanakan pencanangan.

“Untuk diketahui, Kabupaten Kepulauan Sangihe meminta vaksin lebih awal bukan karena Sangihe zona merah. Tetapi mengingat Kabupaten Kepuluan Sangihe dekat dengan negara tetangga Filipina yang berdasarkan informasi sudah ada virus varian baru disana. Sehingga masyarakat Sangihe harus secepatnya mendapat vaksin,” ungkap JEG.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Sangihe dr Jopy Thungari menjelaskan, sebelum pelaksanaan vaksin ini telah dilakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Dan untuk pemberian vaksin tahap I ini dengan sasaran tenaga kesehatan (nakes) sejumlah 1.227 orang yang akan dilaksanakan di fasilitas kesehatan masing-masing, mulai 2-5 Februari 2021 dan vaksinasi kedua pada 14 hari berikutnya.

“Distribusi vaksin ke Puskesmas dan RS akan dimulai pada 2 Feb 2021. Dan untuk Puskesmas Manganitu dan Puskesmas Enemawira dilaksanakan setelah Puskesmas dibuka kembali. Khusus Puskesmas di Kepulauan distribusi vaksin dan pelaksanaannya akan disesuaikan dengan jadwal angkutan laut dan kondisi laut,” pungkas Thungari.

Selain Bupati, unsur Forkopimda yang ikut divaksin diantaranya Kapolres Kepulauan Sangihe AKBP Tony Budhi Susetyo SIK, Kajari Kepulauan Sangihe Yunardi SH MH, kemudian Waka I DPRD Sangihe Ferdy Sondakh SE dan Anggota DPRD Sangihe Ferdy Panca Sinedu ST, Sekkab Sangihe MH Wolff, Ketua Organisasi Profesi Kesehatan, Momo Sangihe 2019 perwakilan Milenial, perwakilan tokoh agama serta beberapa nakes. (wan/ewa)

Artikel Terbaru